Pasti kita semua sudah pernah mendengar istilah “time is money”, kan?

Memangnya seberapa penting sih waktu itu untuk kalian?

Seperti yang sudah kita semua tahu juga bahwa waktu itu nggak bisa diputar atau diulang kembali, jadi selama masih ada waktu, yuk kita manfaatkan dan hargai waktu yang kita miliki sekarang ini dengan cara berikut ini!

Planning your day

Sumber: https://www.pexels.com/@suzyhazelwood

 

Protect your time each day, buat setiap hari itu bermakna.  Agar waktumu tidak terbuang sia-sia di hari itu, kamu bisa menyusun rencana akan bagaimana kamu akan menjalai hari ini. Buatlah to-do-list akan kegiatan yang akan kamu lakukan. Misalnya setelah bangun tidur, hal yang ingin saya lakukan adalah berolahraga, mandi, sarapan, kemudian bekerja. Coretlah daftar tersebut kalau kita sudah selesai mengerjakannya.

Dengan begitu, waktu yang kita habiskan disaat itu tidak tebuang sia-sia. Kita bisa menjalani hari dengan teratur tanpa ada waktu berhaga yang terbuang. Mulai sekarang, yuk buat to-do-list versimu sendiri!

 

Exercise

Sumber: https://www.pexels.com/@ketut-subiyanto

 

Setelah istilah time is money, kita juga pasti sering mendengar istilah “lebih baik mencegah daripada mengobati”, kan? Nah, istilah itu benar. Tanpa kesehatan yang baik kita tidak dapat melakukan apapun.  Untuk itu, kita bisa gunakan waktu yang kita miliki untuk melatih diri kita supaya sehat. Kita bisa mengisi waktu kita dengan berolahraga. Tidak perlu ke gym, kita bisa melakukannya dirumah sembari menonton acara kesayangan kita.

Saat ini sudah tersedia banyak sekali aplikasi-aplikasi pendukung untuk melakukan olahraga dirumah, di YouTube pun sudah banyak sekali konten-konten mengenai hal ini. Kamu tinggal pilih jenis olahraga mana yang kamu paling sukai.

Pilih teman yang baik

Sumber: https://www.pexels.com/@elly-fairytale

 

Habiskan waktumu dengan orang-orang yang memberimu kehidupan, bukan mereka yang menguras waktu dan energimu. Jangan buang waktumu untuk mengurusi orang-orang yang memberi dampak negatif terhadap dirimu. Untuk itu memilih teman juga tidak boleh sembarangan. Jika sebelumnya kita mendengar istilah “bertemanlah dengan siapa saja”, sekarang kita ganti menjadi “bertemanlah dengan teman yang baik” karena teman yang baik akan membawa kita pada jalan kebaikan juga. Kalau temanmu berjualan parfum, secara tidak langsung kamu akan kecipratan wanginya.

Memang tidak mudah dan butuh waktu, tapi itu semua akan worth it kalau kita sudah menemuka teman yang tepat.

Cut the toxic

Sumber: https://www.pexels.com/@keira-burton

 

Kalau saat ini kamu belum menemukan teman yang tepat bagimu, tidak masalah, jangan terlalu dipaksakan. Hal yang paling penting sebenarnya adalah kamu menghindari teman yang toxic dalam hidupmu. Kita harus tahu apakah teman yang kita milikiitu memberikan dampak positif bagi kita atau justu malah sebaliknya.

Kalau kita merasa teman-teman di sekitar kita selalu memberikan rasa tidak nyaman, tidak pernah mendukung atau memberi support saat kita sedang kesusahan, dan justru malah menambah rasa insecure pada diri kita, maka stop!

Kita berhak memiliki teman yang baik yang bisa mengerti dan menghargai kita.  Jangan buang waktu berhargamu untuk seseorang seperti itu. Lebih baik gunakan waktu yang berharga itu untuk fokus terhadap diri kita dan mengembangkan diri kita sendiri.

Menulis

Sumber: https://www.pexels.com/@vlada-karpovich

 

Yup! Kita bisa menghargai waktu yang kita miliki dengan cara menulis. Tulis segala sesuatu yang terjadi dan yang kamu rasakan di hari itu, entah itu senang, sedih, marah, bingung, kecewa, apapun itu. Menulis yang dimaksud tentu saja tidak hanya menulis diary. Kita bisa menulis pengalaman yang berharga di blog, menulis tips dan trik, menulis resep masakan yang kita sukai, dan apapun yang kalian suka.

Bayangkan jika tulisan yang kamu anggap sepele dan sederhana ini dibaca oleh banyak orang dan menjadi semangat dan inspirasi bagi mereka. Waktu yang kita gunakan untuk menulis, walaupun sebentar, tapi bisa memberikan dampak yang luar biasa yang mungkin tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

Jadi, jangan takut untuk menulis dan menuangkan ide-ide kreatifmu kedalam sebuah tulisan, ya!

Nah, itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menghargai waktu yang kita miliki. Dengan menghargai waktu, itu berarti kita sedang menghargai diri kita sendiri. Kalau memnghargai waktu menurut versimu bagaimana? Yuk, ceritakan di kolom komentar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *