Psikolog dan konsultan pendidikan Proxima Edukreasi Ayu Windiyaningrum Mpsi memberikan tips mengatasi anak-anak yang kerap bertengkar :

1. Lakukan aktivitas bersama : Misalnya membuat gambar atau olahraga.
Aktivitas bersama akan meningkatkan waktu kebersamaan, sehingga diharapkan setiap anak dapat mengerti kelebihan dan kekurangan saudaranya masing-masing.

2. Bermain peran : Minta anak anak untuk berperan terbalik sebagai saudaranya yang lebih tua atau lebih muda. Kegiatan ini tentu baru bisa dilakukan pada anak usia 8-12 tahun. Minta mereka untuk saling bertukar peran selama satu jam. Cara ini bisa meningkatkan pemahaman satu sama lain.

3. Hindari perbandingan : Tanpa sadar kadang orang tua membandingkan anak-anaknya. “Kayak kakak dong, masak kamu begitu aja gak bisa.”  atau sebaliknya.Anak-anak tentunya tidak merasa nyaman ketika diperbandingkan. Membandingakn satu sama lain bisa mempengaruhi tingkat kepercayaan diri dan memici keengkelan serta pertengkaran.

4. Diskusi terbuka : Ajak anak berbicara secara terbuka mengenai hal hal yang tidak di sukai dari saudaranya dan bagaimana ia ingin diperlakukan. Orangtua berada sebagai penengah, harus bersikap netral dan adil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *