sumber: https://medicalnewstoday.com/

Stres adalah sebuah perasaan dimana kamu merasa kacau dan pikiranmu menjadi tak menentu. Stres adalah perasaan yang wajar terjadi saat kamu merasa bingung dengan sebuah pilihan atau berada di keadaan yang tidak biasa kamu hadapi. Merasa stres tidaklah aneh karena setiap orang akan mengalaminya.

Walaupun wajar, stres adalah perasaan yang negatif dan tidak baik untuk merasakannya pada jangka panjang. Bagi sebagian orang, menghilangkan stres adalah hal yang mudah. Mereka tahu apa yang harus dilakukan saat merasa stres. Namun, bagi sebagian lagi, stres akan cukup sulit dihilangkan. Apalagi kalau penyebab stres ini terlalu dalam di pikiran mereka.

Kalau kamu adalah sebagian yang kedua, mungkin kamu bisa melakukan Metode STOP untuk menghilangkan stres. Apa itu Metode STOP?

sumber: https://mishapsandmindfulness.com/

S = Stop

Berhentilah melakukan hal yang sedang kamu lakukan. Berikan tubuhmu posisi yang menurut kamu nyaman dan tinggalkan semua pekerjaanmu sesaat untuk menenangkan dirimu.

T = Take a Breath

Setelah kamu merasa nyaman, tariklah nafas dan hembuskan perlahan. Lakukan terus menerus sampai kamu menemukan ritme yang sama seperti saat kamu bernafas seperti biasanya. Kegiatan ini juga dapat membantumu tenang.

O = Observe

Selidikilah dirimu sendiri. Apa yang tubuhmu butuhkan? Bagaimana keadaan emosimu? Mengapa kamu merasakan emosi tersebut? Apa yang ada di pikiranmu?

P = Proceed with Purpose

Jika kamu sudah tahu bagaimana keadaanmu sendiri, barulah kamu bisa mengeksekusi apa yang kamu butuhkan. Misal jika, saat menyelidiki diri, kamu merasa lelah, maka yang kamu butuhkan adalah istirahat. Jika kamu merasa tidak tenang, mungkin kamu butuh menyegarkan dirimu dengan mandi. Setelahnya, kamu akan merasa lebih baik karena kebutuhanmu sendiri sudah terpenuhi. Dengan begitu, karena kamu sudah merasa lebih baik, kamu bisa menghadapi hal-hal yang membuatmu stres itu dengan kepala dingin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *