Banyaknya tawaran produk kecantikan terkadang membuat bingung. Sesekali tidak ada salahnya mencoba cara-cara yang dilakukan nenek moyang kita, yang memanfaatkan bumbu dan bahan yang ada di dapur. Murah, aman dan terkadang jauh lebih ampuh.

Bawang Putih

Bawang putih dapat digunakan untuk mengobati jerawar karena mengandung minyak astiri yang tinggi sehingga memiliki kemampuan anti bakteri dan anti septik yang sangat berguna untuk mengatasi peradangan pada jaringan kulit yang diakibatkan oleh jerawat. Parut bawang putih secukupnya dan balurkan pada kulit yang berjerawat. Diamkan setengah jam kemudian bilas.

Bawang Merah

Bawang merah mengandung asam alami yang bisa mencerahkan kulit. Hilangkan noda hitam pada wajah dengan bantuan bawang merah. Iris bawang merah kemudian oleskan getahnya pada noda hitam di wajah. Diamkan sampai kering kemudian bilas. Lakukan minimal 3 kali dalam seminggu.

Alpukat Mencegah Penuaan Dini

Minyak yang terkandung dalam buah alpukat dapat membantu meningatkan produksi kolagen sehingga kulit wajah tetap lembab dan terhindar dari penuaan dini. Sedangkan madu memiliki kemampuan untuk membunuh bakteri dan membuat kulit tampak lebih muda. Caranya haluskan setengah buah alpukat dan rata dan oleskan pada wajah secara merata hindari daerah mata dan diamkan selama 10 menit. Bilas dengan air hangat.

Masker Putih Telur

Telur dapat digunakan lebih dari hanya sekedar omelet dan membuat kue. Masker putih telur kaya akan vitamin dan mineral yang bisa membantu mengencangkan pori-pori, mengurangi komedo sekaligus melembabkan. Kocok putih telur, oleskan ke seluruh wajah. Biarkan mengering, bilas.

Memutihkan Wajah dengan Wortel

Wortel memiliki kandungan vitamin A yang tinggi. Selain baik untuk mata, Vitamin A juga terbukti dapat membantu regenerasi kulit. Menurut sejumlah ilmuan dari St. Andrews dan Bristol University, mereka yang gemar mengkonsumsi wortel cenderung memiliki warna kulit lebih menarik dan sehat. Hal ini dapat terjadi karena wortel memiliki kandungan pigmen yang disebut karotenoid yaitu salah satu zat yang dapat digunakan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan kulit. Selain itu, wortel apabila diaplikasikan dalm bentuk masker bisa membantu memutihkan kulit wajah. Caranya, cuci bersih 3 wortel berukuran sedang. Parut dan campur dengan 1 sendok makan madu. Oleskan langsung pada wajah kurang lebih 15 menit dan bilas dengan air dingin. Lakukan minimal 3 hari sekali.

Kantung Teh Menyegarkan Mata

Jangan membuang kantong teh setelah membuat secangkir teh. Kantung teh dapat membantmengurangi pembengkakan dan lingkaran hitam dibawah mata. Tempatkan kantung teh yang sudah dingin diatas mata Anda. Cobalah rileks dan pejamkan mata selama sekitar 15 menit.

Jeruk Nipis

Jeruk nipis mempunyai kandungan vitamin C dan zat anti oksidan yang bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori, menghaluskan dan mencerahkan kulit wajah. Caranya juga sangat mudah hanya dengan membelah jeruk nipis menjadi dua bagian, setelah itu peras dan ambil airnya lalu oleskan pada kulit wajah secara merata. Diamkan kurang lebih selama 10-20 menit, kemudian cucilah wajah dengan air hangat, dan lanjutkan membasuh wajah dengan air dingin.

Melembabkan Kulit dengan Pisang

Buah pisang dapat bermanfaat untuk meremajakan kulit dan membuat kulit wajah menjadi lembab dan kenyal. Caranya cukup mudah, hanya dengan mengambil 1 buah pisang ambon, kupas kulitnya dan hancurkan buahnya. Setelah itu tambahkan 1 sendok madu, oleskan secara merata pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Bersihkan dengan kapas dan air hangat. Pisang matang juga dapat digunakan untuk memperbaiki rambut kering. Hancurkan pusang matang, campurkan dengan setengah alpukat dan biarkan rambut basah Anda selama minimal 39 menit. Bilas rambut Anda dan akan merasa rambut Anda seperti sutra halus.

Tomat

Tomat kaya akan zat anti oksidan yang dapat membantu mengatasi iritasi pada kulit akibat sinar matahari, mengurangi komedo, dan mencerahkan warna kulit wajah. Caranya haluskan 1 buah tomat lalu campurkan dengan 1 sendok madu, oleskan pada wajah dan diamkan selama 15 menit. Basuhlah wajah dengan air hangat.

Apel

Buah apel mempunyai manfaat untuk mengurang kelebihan minyak pada wajah. Caranya hancurkan apel menggunakan blender. Jangan menambahkan air. Apel yang sudah diblender dioleskan pada wajah selama 30 menit lalu bilaslah dengan air bersih.

Mentimun

Mentimun mempunyai manfaat untuk mengangkat noda-noda hitam pada wajah dan dapat membuat kulit wajah terlihat bercahaya. Caranya ambil 1/2 mentimun, kupas, hingga bersih. Lalu tambahkan 1 sendok susu tanpa lemak, 1 sendok yoghurt. Blender semua campuran tadi hingga halus, setelah itu oleskan pada wajah, diamkan selama 20 menit dan bilaslah dengan air hangat.

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *