Tidak semua orang bisa dengan mudah menyisihkan uangnya untuk ditabung. Ada yang merasa berat untuk melakukan itu dan ada pula yang bisa melakukannya tapi hanya dalam waktu yang singkat. Sesulit itu memang untuk tidak memakai seluruh uang yang didapat. Padahal kebiasaan menabung adalah kebiasaan yang baik dan akan berguna sekali di masa yang akan datang. Oleh karena itu, lebih cepat menumbuhkan kebiasaan menabung akan lebih baik. Berikut adalah tips jitu yang bisa kamu lakukan untuk menumbuhkan kebiasaan menabung.

Punya Target

Sumber: https://foxbusiness.com/

Satu hal yang membuat seseorang lebih bersemangat untuk menabung adalah karena ada target yang ingin dicapai, baik target yang kasat mata atau yang tidak. Misalnya kamu ingin membeli sesuatu yang harganya cukup mahal untuk budget, dari situlah keinginan untuk menabung muncul. Setelahnya, kamu pasti akan bersemangat untuk menabung agar bisa mendapatkan barang impianmu tersebut. Atau mungkin kamu memiliki target yang tidak terlihat seperti masa depan. Kamu pikir masa depan adalah hal yang perlu dipersiapkan dari sekarang, mulai dari mental maupun keuangan. Kalau kamu berpikir seperti itu, dengan sendirinya kamu akan memiliki rasa untuk menabung yang besar. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah untuk menyisihkan uang untuk ditabung demi masa depanmu.

Mulai dari Nominal Kecil

Sumber: https://www.goldinvestments.co.uk/

Berat memang untuk menabung untuk pertama kali. Rasanya uang tidak pernah cukup dan akhirnya mengambil dari uang yang sudah ditabung untuk dibelikan sesuatu. Salah satu solusi untuk masalah ini adalah dengan tidak mulai menabung dengan nominal yang besar. Kamu bisa mulai dari nominal kecil seperti 10 ribu atau 20 ribu atau bahkan 5 ribu perharinya. Dengan begitu kamu tidak akan merasa kekurangan karena yang kamu sisihkan tidak seberapa dari yang kamu dapat perharinya. Dan tanamkan juga pemikiran untuk tidak memakai uang tersebut untuk membelanjakan sesuatu kalau memang tidak urgent.

Buat Catatan

Sumber: https://entrepreneurinsight.com.my/

Kadang, ada rasa puas saat bisa melihat hasil perjuangan sendiri. Sama halnya saat melihat hasil menabung. Dengan membuat catatan tabungan, kamu bisa melihat pertumbuhan tabunganmu secara nyata. Kamu jadi tahu sudah berapa banyak yang kamu dapatkan dari hasil kerja kerasmu menabung setiap hari. Walau mungkin kelihatannya tidak seberapa, uang tersebut adalah hasil dan bukti bahwa kamu berhasil menabung. Kamu pun akan jadi lebih bersemangat lagi untuk menambah nominal tersebut dengan tetap menabung.

Terapkan Sistem 50/30/20

Sumber: https://ovalmoney.com/

Pernah dengan sistem 50/30/20? Sistem ini adalah sistem yang memudahkanmu untuk mengatur keuanganmu. Jadi, 50/30/20 adalah persentase pembagian pemasukanmu. 50% untuk biaya hidup sehari-hari, 30% untuk hiburan, dan 20% untuk ditabung. Dengan sistem ini, kamu akan tahu berapa persen yang harus kamu tabung dan berapa persen yang bisa kamu gunakan untuk hiburan dan biaya hidup sehari-hari. Sistem 50/30/20 ini akan sangat berguna kalau kamu tidak tahu bagaimana caranya membagi keuanganmu. Tentunya, sistem ini bisa kamu ganti sesuai dengan kebutuhanmu. Mungkin kamu pikir biaya hiburan tidak perlu sebesar itu jadi kamu jadikan 30% untuk ditabung. Atau mungkin kamu pikir 10% sudah cukup untuk tabunganmu. Atur sendiri persentasenya sesuai dengan kebutuhanmu.

Minta Bantuan

Sumber: https://thebodyisnotanapology.com/

Dan yang terakhir adalah meminta bantuan. Tidak perlu bantuan profesional seperti konsultan keuangan, bahkan temanmu bisa dimintai bantuan. Misalnya, saat kamu merasa harus menggunakan uang tabunganmu untuk membeli sesuatu, kamu bisa bertanya pada mereka apakah barang ini perlu sekali untuk dibeli sekarang dan memakai uang tabungan atau masih bisa ditunggu sampai kamu mendapat pendapatan lagi. Atau bahkan semudah meminta bantuan untuk mengingatkan kamu sedang menabung pun akan membantu. Jadi, minta orang-orang sekitarmu untuk membantumu mengingatkan kalau kamu sedang menabung. Dengan begitu, kamu tidak akan membuang uang tabunganmu secara tidak sadar.

Memang tidak menjamin untuk bisa dalam sekejap menjadi terbiasa untuk menabung. Namun, setiap kebiasaan dimulai dari hal yang dilakukan secara berulang-ulang hingga menjadi kebiasaan. Begitupun dengan kebiasaan menabung dimulai dari melakukan kelima hal tersebut secara berulang-ulang hingga akhirnya secara tidak sadar menjadikannya sebuah kebiasaan. Tetap percaya kalau kamu bisa melakukannya. Dan kalau kamu ingin tahu tips atau konten yang berguna untuk kamu lainnya, kamu bisa cek Instagram @jurnalwanita, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *