Baju dengan jenis kain yang berbeda membutuhkan perawatan yang berbeda pula. Baju memiliki fungsi penting dalam kehidupan keseharian baik untuk aktivitas dalam rumah, pekerjaan ataupun keperluan lain. Karena itu baju yang rapi dan bersih pasti anda butuhkan setiap saat. Perawatan yang benar perlu dilakukan agar baju senantiasa dalam kondisi bagus, tidak kotor dan kusut. Gunakan petunjuk merawat baju yang benar sesuai dengan jenis kainnya.

Untuk mengetahui jenis kain, anda cukup melihat label yang tertera pada baju. Ada kain jenis katun, denim, sutra, dll. Dengan penanganan khusus pada tiap jenis kain yang berbeda, baju anda akan tetap bagus dan tidak mudah rusak. Sebagai tambahan, baca petunjuk pada label dengan baik untuk pengaturan suhu air pencucian serta petunjuk boleh tidaknya menggunakan setrika. Berikut petunjuk merawat baju sesuai jenis kainnya:

  1. Kain denim

Jenis kain ini cukup tebal dan tidak mudah kotor. Untuk perawatannya, anda tidak perlu sering mencucinya karena tidak terlalu kotor dan warna bisa cepat pudar jika sering dicuci. Untuk pencucian, gunakan air dingin dan setelah dibilas segera keringkan dengan menjemur di bawah sinar matahari langsung. Untuk bahan denim yang tidak mudah kusut, maka tidak perlu disetrika. Tetapi untuk beberapa jenis denim yang tidak terlalu tebal dan mudah kusut, bisa disetrika.

  1. Kain sutra

Untuk baju jenis ini sangat mudah dibersihkan karena kotoran tidak menempel terlalu dalam ke kain. Anda cukup menguceknya sebentar dengan detergen. Hindari penggunaan pemutih untuk baju berwarna. Jika baju dengan kain sutra sedikit, anda cukup mencucinya dengan tangan. Namun jika banyak gunakan mesin cuci. Setelah bersih, anda bisa mengeringkannya dengan tidak menjemur di bawah terik matahari langsung. Cukup diangin-anginkan dan baju akan cepat kering.

  1. Kain katun

Cuci baju dengan bahan kain katun menggunakan air dingin dan keringkan. Setrika bisa digunakan agar baju menjadi rapi. Hindari merendam bahan katun terlalu lama agar warnanya tidak cepat pudar. Baju dengan bahan katun cukup banyak dijumpai karena mampu menyerap keringat dengan baik, nyaman dipakai, dan harganya tidak terlalu mahal. Dengan petunjuk merawat baju yang benar, anda tidak akan kesulitan membuat baju jenis katun menjadi selalu terlihat baru.

  1. Kain wol

Kain wol biasanya digunakan untuk bahan sweater, cardigan, jaket, maupun syal. Bahannya yang lembut dan hangat sangat cocok digunakan di daerah dingin. Untuk baju dengan bahan kain wol, gunakanlah detergen khusus wol agar kainnya tidak mudah rusak. Cuci dengan bersih dan keringkan di bawah sinar matahari. Karena bahannya yang tebal, jemurlah mendatar agar cepat kering. Untuk baju yang perlu disetrika, sebaiknya gunakan setrika uap sehingga anda bisa menyetrikanya saat digantung di hanger. Dalam penyimpanan, simpan di lemari dengan menggantung di hanger agar tidak mudah kusut.

  1. Kain rayon spandek

Petunjuk merawat baju dengan bahan rayon spandek adalah dengan memisahkannya dengan baju bahan jenis lain. Hal ini untuk menghindari tergoresnya kain rayon spandek yang lembut. Tidak perlu merendam terlalu lama jika noda tidak banyak dan gunakan air dingin untuk mencuci. Anda bisa mencuci menggunakan tangan maupun mesin cuci. Karena sifat bahan ini yang mudah melar, sebaiknya jemur mendatar dan tidak di hanger agar kondisi baju tetap seperti semula.

 

Dengan selalu memperhatikan jenis kain, membaca label baju, dan melakukan petunjuk merawat baju yang benar, maka baju anda akan awet dan selalu tampak bersih dan rapi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *