Saat wawancara kerja, biasanya pewawancara akan memberikan waktu untuk kamu bertanya apapun padanya. Banyak yang tidak tahu kalau ternyata pertanyaan-pertanyaan yang kamu lontarkan bisa saja mengubah pandangannya terhadap kamu. Jangan sampai kamu salah bertanya yang mengakibatkan penilaianmu berkurang di mata pewawancara. Jadi, perhatikan pertanyaan apa saja yang tidak boleh ditanyakan saat wawancara pekerjaan.

  1. Apa yang perusahaan Anda lakukan?
Sumber: https://sevengatellc.com/

Kalau kamu sudah mendaftar lowongan kerja di perusahaan tersebut, tentunya kamu seharusnya sudah tau tentang perusahaan itu. Perusahaan itu bergerak di bidang apa, siapa direkturnya, dimana saja cabangnya, dan lain sebagainya. Jadi, pertanyaan yang menyangkut perusahaan sebaiknya tidak ditanyakan.

  1. Apakah boleh jika gaji pertama saya dinaikkan?
Sumber: https://insights.dice.com/

Menanyakan perihal gaji saat wawancara pekerjaan tidaklah sopan. Apalagi jika kamu meminta untuk menaikkan gaji pertamamu. Itu bisa membuat kamu langsung dicoret dari daftar penerimaan karyawan baru.

  1. Apakah saya boleh mengganti kewajiban pekerjaan saya?
Sumber: https://womansday.com/

Saat mendaftar, tentu kamu tahu kewajiban apa saja yang harus kamu lakukan saat diterima di posisi tersebut. Jadi, tidak mungkin kamu meminta untuk mengubah tugas-tugas yang sudah sepatutnya kamu kerjakan apalagi kalau kamu masih baru.

  1. Apakah saya bisa mengubah waktu kerja saya?
Sumber: https://chartattack.com/

Sebagai orang baru, ada baiknya untuk selalu mengikuti peraturan perusahaan. Apalagi tentang jam kerja. Kebanyakan jam kerja di perusahaan tidak bisa diubah, kecuali untuk perusahaan yang menganut sistem flextime atau jam kerja fleksibel. Jadi, menanyakan pertanyaan tersebut adalah hal yang tidak berguna.

  1. Berapa banyak cuti yang bisa saya dapatkan?
Sumber: https://travelchannel.com/

Pertanyaan ini membuat kamu seolah-olah tidak niat untuk bekerja dan hanya memikirkan waktu libur. Jadi, lebih baik jangan ditanyakan, ya.

  1. Apa benar perusahaan ini sedang ada masalah?
Sumber: https://careertoolbelt.com/

Menanyakan kebenaran gossip yang kamu dengar mengenai perusahaan tersebut saat wawancara benar-benar tidak sopan. Selain kemungkinan untuk kamu ditolak semakin besar, kamu pun tidak akan mendapat jawaban yang kamu inginkan.

  1. Apakah perusahaan akan melakukan tes narkotika?
Sumber: https://thebalancecareers.com/

Pertanyaan seperti ini membuat kamu akan terlihat mencurigakan. Bisa-bisa kamu mendapat tuduhan yang tidak-tidak. Kecuali jika kamu memang sedang dalam pengobatan tertentu.

  1. Berapa lama saya harus bekerja untuk mendapatkan promosi jabatan?
Sumber: https://medium.com/

Ingat, kamu belum tentu diterima. Untuk menanyakan hal-hal yang hanya bisa dilihat berdasarkan hasil kerjamu pun tidak baik ditanyakan saat kamu belum mulai bekerja.

  1. Apakah aktifitas online saya akan diawasi?
Sumber: https://kaspersky.com/

Pertanyaan ini sama seperti pertanyaan sebelumnya. Kamu malah akan terlihat mencurigakan karena seakan-akan takut jika aktivitas onlinemu ketahuan oleh perusahaan. Jangan berikan image yang mencurigakan seperti itu saat wawancara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *