Setiap wanita sukses ini memiliki 1 sifat yang sama, yaitu mindset berkembang. Itu adalah pola pikir yang membedakan antara wanita sukses dari yang lainnya. Pada dasarnya, ada dua jenis pola pikir yang biasanya kita miliki dalam hidup:

  • a fixed mindset (pola pikir tetap): a fixed mindset adalah sebuah pola pikir dimana kita percaya bahwa keterampilan dan kekuatan yang kita miliki sudah ditetapkan di atas batu, dan bahwa kita hanya memiliki tingkat kecerdasan tertentu, serangkaian kekuatan tertentu, tipe kepribadian tertentu, bahkan karakter tertentu, contohnya kita mempercayai bahwa kita pandai di bidang matematika dan sains, tetapi tidak mengerti dalam hal belajar bahasa baru.
  • a growth mindset (mindset berkembang): yaitu sebuah pola pikir ketika kita yakin bahwa kita dapat mengembangkan keterampilan dan kekuatan yang kita miliki melalui upaya berkelanjutan, dan tumbuh seiring dengan pengalaman hidup kita. Misalnya ketika Anda tahu bahwa Anda kurang menguasai bidang matematika pada saat di sekolah, namun hal tersebut tidak menyurutkan semangat untuk terus melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi, meskipun itu berarti Anda harus menghadapi beberapa bidang yang menantang lainnya.
sumber: https://www.pexels.com/id-id/@cottonbro

 

Sebagian besar wanita sukses memiliki mindset berkembang, yang berarti mereka terus-menerus memperbaiki diri. Mereka tidak duduk diam dan hanya menikmati bakat atau keterampilan yang telah mereka kumpulkan hingga titik tertentu dalam hidup mereka. Justru sebaliknya, mereka ingin belajar lebih banyak, menjadi lebih baik, meningkatkan keterampilan mereka, dan memperoleh keterampilan baru yang akan membantu mereka dalam perjalanan menuju kesuksesan.

Simak beberapa tips berikut ini:

  1. Temukan hal baru setiap hari

Jika Anda biasanya mendengarkan radio ketika sedang berada di dalam mobil, kini cobalah untuk menggantinya dengan mendengarkan siniar (podcast). Dengan mendegarkan siniar, maka kamu akan mendapatkan pengetahuan atau informasi mengenai apapun yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Kemudian, Anda bisa coba membaca buku di waktu luang Anda, bacalah buku yang membantu Anda untuk berkembang.

  1. Belajar apapun, dimanapun, dan kapanpun.

Belajar tidak boleh dibatasi hanya di ruang kelas. Anda dapat pergi ke perpustakaan dan mengambil buku tentang topik yang menurut Anda menarik, atau mengambil kelas online, atau menonton tutorial gratis di YouTube tentang mengembangkan keterampilan yang selalu ingin Anda miliki.

  1. Pilihlah lingkungan yang positif

Orang-orang yang Anda izinkan di dalam inner circle Anda (keluarga, teman, atau pasangan Anda) dapat memengaruhi suasana hati, sikap, sistem kepercayaan, dan bahkan apa yang Anda anggap sebagai kekuatan atau kelemahan Anda. Maka itulah petingnya untuk memilih lingkungan sekitar yang elalu memberikan dampak positif bagi Anda.

  1. Ubah cara Anda memandang kesuksesan.

Daripada berpikir bahwa kesuksesan adalah tujuan akhir, mulailah berpikir untuk fokus pada menciptakan hal-hal yang menambah nilai bagi Anda dan orang-orang di sekitar Anda.

  1. Hadapi ketakutan Anda

Apa satu hal yang Anda takuti dalam melakukan karier atau bisnis Anda? Biarkan rasa takut yang Anda rasakan mendorong Anda untuk melakukannya. Seperti yang dikatakan oleh Taylor Swift: “be the fearless girl that everyoe knows would dare to do anything”

  1. Jagan cepat puas!

Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih, Anda perlu berjuang untuk sesuatu yang lebih. Jika Anda terlalu cepat puas degan apa yang Anda dapatkan saat ini Anda tidak peduli lagi untuk pergi ke acara sosial, belajar tentang peluang baru, dan Anda tidak peduli untuk membawa diri Anda sendiri dengan antusiasme yang sama seperti yang Anda lakukan sebelumnya.

  1. Bersikaplah terbuka terhadap peluang baru.

Ketika Anda memiliki pikiran terbuka, Anda membiarkan diri Anda menarik peluang. Anda akan memiliki kesempatan yang lebih baik untuk menciptakan kehidupan yang Anda inginkan, dan tumbuh sebagai manusia yang mengalami kesuksesan secara teratur jika Anda tetap berpikiran terbuka. Menjaga pikiran tetap terbuka memiliki kekuatan untuk membuka pintu lain yang bahkan tidak dapat Anda lihat sebelumnya.

Dengan memiliki growth mindset, maka semua peluang yang tersedia menjadi mugkin untuk diraih dan diwujudkan. Jadilah wanita sukses yang terus haus akan pengetahuan baru dan ilmu atau pelajaran baru, seraplah sebanyak mungkin ilmu yang bisa Anda serap. Jangan lupa untuk berbuat kebaikan dan berbagi kebaikan tersebut kepada orang-orang yang ada di sekitar Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *