Setelah melewati weekend, yang terpikirkan oleh kita biasanya adalah “kenapa waktu berjalan begitu cepat? Dan hari Senin pun tiba. Hari Senin adalah hal yang menakutkan untuk beberapa orang. Perasaan malas membuat kamu merasa tidak nyaman dengan hari Senin. Tapi setelah weekend berakhir, perasaan lesu, lelah dan tidak semangat akan muncul saat menghadapi hari Senin. Nah, bisa jadi kamu sedang mengalami Monday Blues, dimana perasaan bosan dan tidak bersemangat dirasakan saat menjelang hari Senin. Walaupun terdengar sepele, jika dibiarkan akan berdampak negatif pada kinerja, produktivitas, dan lingkungan kerja kita, lho!

Eitss, tenang aja! Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi I hate Monday jadi I love Monday.

Stop Bekerja Terlalu Keras

sumber: https://www.pexels.com/id-id/@andrew

 

STOP bekerja sangat keras. Arti dari “stop” disini bukan berarti kita haus berhenti bekerja. Tetapi stop bekerja terlalu keras sampai tidak memperdulikan keadaan dirimu sendiri. Mereka yang bekerja terlalu keras sampai melupakan dirinya sendiri saja berharap mereka tidak bekerja begitu keras karena pada akhirnya hal tersebut benar-benar menghilangkan kegembiraan mereka. Namun ditekankan sekali lagi, arti stop disini tidak menganjurkanmu untuk berhenti dari pekerjaanmu. Bekerjalah secukupnya, lalu istrirahatlah seperlunya agar kita bisa menikmati hasil kerja sekaligus waktu kita juga.

 

Tetap Berhubungan

sumber: https://www.pexels.com/id-id/@elly-fairytale

 

Apa yang terjadi jika kita bekerja terus menerus tanpa mengenal waktu? Kita akan kehilangan kontak dengan teman kita, kita kehilangan kontak dengan keluarga kita, kita bahkan kehilangan kontak di hari-hari hidup kita. Inilah yang akan terjadi jika kita terlalu menomorsatukan pekerjaan tanpa keputusan yang bijak.

Kita sebenarnya memiliki kekuatan untuk stay in touch. Prioritaskan keluarga kita, teman-teman dan sahabat kita, ajak mereka untuk makan siang bersama, ajak keluarga kita untuk pergi berlibur di akhir pekan. Prioritaskan untuk berbicara dengan sahabat kita tentang bagaimana hari mereka. Bekerja keras memang boleh, tetapi jangan sampai melupakan diri sendiri serta orang-orang tersayang di sekitar kita.

 

Tetap Teratur

sumber: https://www.pexels.com/id-id/@mastercowley

 

Selama akhir pekan kita semua cenderung makan berlebihan, menghabiskan uang terlalu banyak, dan malas, itulah tiga alasan mengapa Senin pagi membuat kita merasa sangat lesu dan tidak antusias. Kalahkan Monday Blues dengan membuat daftar tugas yang perlu kita lakukan dan hal-hal yang ingin kita capai minggu depan pada hari Jumat. Misalnya, dengan mencatat bahwa sebelum hari Senin saya ingin mencuci semua pakaian kotor, menyelesaikan pekerjaan di tempat kerja yang telah dikerjakan sebelumnya, makan tiga makanan sehat serta berolahraga selama 1 jam. Bisa juga dengan menyiapkan pakaian bersih dan rapi untuk esok hari, sehingga besok kita tinggal memakai pakaian yang sudah rapi tanpa perlu repot menyiapkannya di pagi hari.

Lakukanlah hal tersebut secara teratur, hal tersebut bisa mengurangi kecemasan yang terjadi di hari Senin karena beberapa pekerjaan sudah kita kerjakan dihari sebelumnya.

 

Bangun Lebih Awal Sebelum Bekerja

sumber: https://www.pexels.com/id-id/@mastercowley

 

Bangun lebih awal sebelum memulai hari untuk bekerja akan memberikan kita ekstra waktu untuk diri kita sendiri dan memberikan waktu lebih untuk bersiap-siap. Jam-jam luang sebelum kita harus mulai untuk bekerja membuat kita tetap ‘waras’ karena kita bisa mempunyai waktu cukup dan tidak dikejar-kejar oleh waktu.

Waktu luang tersebut bisa kita isi dengan membaca kitab suci, mengajak hewan peliharaan kita berjalan-jalan sebentar, membaca buku atau bahkan bersantai-santai menikmati waktu sebelum akhirnya harus ‘berperang’ dengan pekerjaan. Bangun lebih awal telah membantu meningkatkan kepercayaan diri dan produktivitas kita. Ketika kita bangun dan melakukan hal-hal yang akan berkontribusi pada kebahagiaan atau kesehatan kita secara keseluruhan, kita akan lebih merasa tenang saat menjalani hari-hari dan berbagai kegiatan berikutnya.

 

Putar Musik Favorit

sumber: https://www.pexels.com/id-id/@mastercowley

 

Musik adalah penyelamat dikala stres dan merupakan sesuatu yang ajaib yang bisa menciptakan pikiran bahagia di tubuh kita. Putarlah musik favoritmu untuk menambah semangat, apapun jenis dan genre musik yang kalian suka. Cara kita memulai hari akan menentukan bagaimana hari itu akan berlanjut. Jangan biarkan mood yang buruk merusak hari-hari kita selanjunya. Nah, untuk itu musik diciptakan untuk meningkatkan semangat dan mengembalikan mood kita yang mungkin pada saat itu sedang tidak baik.

Play the moments, pause the memories, stop the pain, and rewind the happiness.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *