Saat masa pandemi, kegiatan sehari-hari pun berubah. Yang awalnya setiap pagi sudah bersiap untuk bekerja atau bersekolah, kini masih ada sebagian yang tidak perlu melakukan itu. Kadang, hal itu membuat jenuh karena merasa tidak ada pekerjaan yang bisa dilakukan seperti biasa. Selain itu, bisa jadi kamu merasa tidak ada pekerjaan yang bisa dilakukan.

Namun, kalau kamu membuka mata, sebenarnya banyak sekali yang bisa dilakukan di rumah. Kamu hanya perlu mencarinya. Lalu, setelah mencarinya, apa yang perlu dilakukan? Yuk, cek cara berikut supaya kamu lebih produktif saat maupun sesudah pandemi!

Cari Kegiatan Baru

Sumber: https://parents.com/

Saat menjalani WFH atau PJJ, kamu mungkin merasa tidak ada yang bisa dikerjakan di rumah. Padahal, kalau kamu membuka mata lebar-lebar, kamu akan melihat setumpuk pekerjaan yang perlu kamu kerjakan. Seperti membereskan rumah, mencuci piring, dan lainnya. Kamu juga bisa memperhatikan detail setiap senti rumahmu. Mungkin saja buku-buku di lemari buku mulai bau apak dan butuh untuk dijemur. Atau ada beberapa lubang dan retak yang butuh untuk ditambal. Atau malah, kamu berpikir untuk mendekor ulang sebuah ruangan. Itu bisa kamu masukkan ke dalam kegiatan baru yang bisa kamu lakukan dan ditambahkan pada jadwal harianmu.

Buat dan Patuhi Jadwal

Sumber: https://theconversation.com/

Dengan membuat jadwal, kamu bisa dengan mudah mengetahui hal-hal apa saja yang bisa kamu lakukan. Semakin rinci jadwal maka akan semakin bagus. Rinci jadwal dari jamnya akan membuat kamu lebih terarah saat melakukannya. Jadi, saat kamu mengerjakan satu hal, kamu tidak akan terpikir mengerjakan hal lain karena tahu bahwa hal tersebut sudah ada jadwalnya sendiri. Setelahnya, jangan lupa untuk senantiasa mematuhinya agar kamu terbiasa dengan keadaan yang terjadwal. Jadi, walaupun di masa pandemi, kamu masih bisa lebih produktif.

Buat Skala Prioritas

Sumber: https://restaurantsystemspro.net/

Tidak semua hal adalah prioritas. Kamu harus tahu mana yang perlu dikerjakan duluan dan mana yang bisa dikerjakan belakangan. Prioritas utamamu adalah pekerjaan-pekerjaan penting yang harus segera diselesaikan. Lalu urutkan terus hingga pada kegiatan yang menurutmu tidak terlalu penting dan tidak perlu dikerjakan dengan segera. Dengan begitu, kamu bisa fokus pada pekerjaan prioritas terlebih dahulu sehingga produktivitasmu pun meningkat karena sudah menyelesaikan yang perlu diselesaikan.

Jangan Multitasking

Sumber: https://forbes.com/

Multitasking terkesan seperti hal yang dilakukan oleh mereka yang memiliki produktivitas tinggi. Nyatanya, melakukan multitasking malah membuat pikiranmu terbagi hingga pekerjaan yang kamu lakukan pun menjadi tidak maksimal. Jadi, alangkah lebih baik jika melakukan kegiatan-kegiatan tersebut secara terpisah agar kamu bisa memfokuskan diri dan memaksimalkan usahamu di satu pekerjaan.

Bangun dan Tidur Tepat Waktu

Sumber: https://www.kingofsleep.net/

Ini terdengar sepele. Namun, kalau kamu punya jadwal tidur yang teratur, maka tubuhmu pun menjadi lebih terbiasa dengan itu. Misal, kamu menjadwalkan diri untuk tidur pukul 9 malam dan bangun pukul 5 pagi. Jika kamu melakukan itu terus menerus, maka tubuhmu akan otomatis tahu jika jadwal tidur adalah pukul 9 malam. Dengan begitu, kamu tidak akan mudah mengantuk jika bukan pada jam 9 malam hingga jam 5 pagi. Dan kamu pun bisa mengerjakan pekerjaan yang sudah kamu jadwalkan setiap hari dengan lancar.

Olahraga

Sumber: https://lapetite.com/

Selain menyehatkan raga, olahraga pun dapat menyegarkan jiwa. Jika kamu merasa penat dengan kehidupan sehari-hari, jadwalkan untuk rutin berolahraga setiap 30 menit sehari di pagi hari. Dengan berolahraga, peredaran darahmu menjadi lancar dan asupan oksigen ke otak menjadi banyak. Jika asupan oksigen banyak, maka kamu akan merasa lebih segar. Dengan begitu, kamu bisa melakukan pekerjaan lebih baik hingga produktivitasmu meningkat.

Lepas dari Gadget untuk Sementara Waktu

Sumber: https://dnaindia.com/

Gadget bagi sebagian orang mungkin merupakan barang yang sangat penting. Zaman sekarang, gadget sudah bisa digunakan untuk berbagai macam hal. Mulai dari bermain hingga bekerja. Namun, adakalanya penggunaan gadget akan menjadi terlalu banyak dan sering. Jika sudah seperti itu, bisa-bisa seseorang menjadi kecanduan gadget sehingga mereka menjadi tidak produktif. Untuk mencegah hal itu, kamu bisa menyiasatinya dengan melepas gadget sementara waktu. Maksudnya sementara waktu adalah saat kamu melakukan pekerjaan. Jadi, bukalah gadget saat kamu sedang beristirahat. Lalu, bagaimana dengan pesan penting yang masuk? Kamu bisa jadwalkan untuk mengecek aplikasi chatting atau email setiap beberapa saat sekali. Namun, kamu tidak boleh membuka aplikasi lain kecuali dua aplikasi itu.

Rasa jenuh mungkin tidak bisa dihilangkan begitu saja bahkan saat melakukan pekerjaan yang sudah disusun. Namun, kamu bisa lihat hasilnya nanti bahwa kamu sudah bisa melakukan kegiatan yang produktif bahkan saat pandemi. Kamu juga menjadi bisa melihat perspektif yang lebih luas dari setiap keadaan dan tahu kalau kamu masih bisa melakukan sesuatu di berbagai keadaan. Kalau kamu ingin membaca tips-tips dan fakta lain tentang wanita yang berguna untuk kamu, kamu bisa cek di Instagram dan Podcast Jurnal Wanita. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *