Semua orang ingin menjadi orang sukses. Sayangnya, tidak semua bisa menjadi orang sukses. Menjadi orang sukses tidak serta merta terjadi begitu saja. Ada berbagai macam hal yang perlu dilakukan untuk menjadi orang sukses. Tidak hanya itu, malah banyak orang yang menganggap mereka adalah orang sukses, namun pada kenyataannya belum.

Mary Ellen Tribby, seorang konsultas bisnis, membuat sebuah indikator untuk menentukan seseorang adalah orang sukses atau bukan. Nah, berikut ini adalah beberapa poin indikator yang bisa kamu gunakan untuk menentukan kamu sendiri adalah orang sukses atau bukan.

  1. Selalu Bersyukur
Sumber: https://medium.com/

Orang sukses akan selalu bersyukur atas apa yang ia dapatkan. Walaupun itu adalah hal-hal kecil, mereka akan senantiasa menganggap hal itu besar dan penting karena mereka tahu bahwa sekecil apapun sebuah hal bisa saja mengubah kehidupannya. Sehingga orang sukses pun sangat bersyukur dengan apa yang mereka dapatkan.

  1. Mudah Memaafkan Kesalahan Orang Lain
Sumber: https://medium.com/

Sebagai orang sukses, kelapangan hati adalah hal yang penting. Sifat mudah memaafkan akan terbentuk dengan sendirinya karena orang sukses biasanya langsung paham bahwa manusia adalah tempatnya salah.

  1. Menerima Konsekuensi Atas Kesalahan yang Diperbuat
Sumber: https://knowledge.insead.edu/

Menjadi orang sukses artinya siap pula dalam menanggung segala konsekuensi atas kesalahan yang sudah dilakukan. Orang sukses adalah orang yang berhati besar. Jadi, menerima kesalahan dan konsekuensi serta hukumannya adalah sifat yang memang sudah menjadi tanda bahwa orang tersebut adalah orang sukses.

  1. Selalu Mengajak Orang Lain untuk Sukses
Sumber: https://ozanagiusca.com/

Tidak ingin sukses sendiri, orang sukses biasanya akan mengajak dan mempengaruhi orang lain untuk ikut sukses. Mereka cenderung untuk tidak egois dan dengan senang hati membagikan ilmu serta semangat pada orang lain.

  1. Memuji dan Memberikan Selamat Pada Kesuksesan Orang Lain

Jika melihat seseorang sukses bahkan melebihi mereka, orang sukses tidak akan merasa iri. Yang ada, mereka akan memberikan selamat serta memuji kerja keras yang telah dilakukan. Bukan hanya selamat dan pujian, mereka pun akan merasa lebih terpacu dalam meraih kesuksesan mereka yang lain.

  1. Suka Membaca dan Menyebarkan Informasi yang Disertai dengan Data
Sumber: https://theedadvocate.org/

Orang sukses sangat suka membaca. Bukan bacaan ecek-ecek maupun gosip karena mereka tidak ada waktu untuk itu. Mereka hanya suka membaca bacaan yang memang sudah ada datanya. Selain itu, mereka pun tidak pelit pengetahuan. Mereka dengan senang hati membagikan informasi yang mereka tahu sesuai data yang mereka terima pula. Jadi, jangan takut untuk termakan hoax karena mereka tidak akan menyebarkannya.

  1. Memiliki Daftar Keinginan
Sumber: https://nsthemes.com/

Bagi sebagian orang, saat mendapatkan keinginan terbesarnya, mereka akan cepat merasa puas. Hal inilah yang biasanya membuat seseorang tidak sepenuhnya sukses. Orang sukses adalah mereka yang selalu punya impian dan keinginan. Walaupun keinginannya sudah terpenuhi, mereka akan senantiasa mencarinya lagi dan lagi. Dengan begitu, hidup mereka pun akan lebih terarah karena mereka tahu apa yang mereka inginkan.

  1. Selalu Ingin Belajar dan Punya Ide
Sumber: https://collegeparentcentral.com/

Salah satu keinginan orang sukses adalah terus menerus belajar. Bagi mereka, tidak cukup hanya dengan satu dua ilmu pengetahuan yang mereka kuasai, mereka juga butuh ilmu-ilmu lain agar dapat menjawab segala pertanyaan yang mereka takt ahu jawabannya. Selain mencari jawaban, ilmu yang mereka dapatkan itu juga mereka manfaatkan untuk membuat ide-ide cemerlang. Oleh karena itulah orang sukses akan selalu punya ide.

  1. Mudah Beradaptasi
Sumber: https://medium.com/

Zaman terus berkembang. Jika kamu adalah orang yang tidak suka dengan perubahan, maka kamu mungkin bukanlah kandidat yang cocok untuk menjadi orang sukses. Mengapa? Karena orang sukses akan sangat mudah beradaptasi di lingukangan yang baru. Jadi, merekapun bisa bersikap dan bekerja secara normal walaupun keadaan sekitar mereka berubah.

  1. Berpikir Di Luar Nalar
Sumber: https://growthengineering.co.uk/

Istilahnya adalah thinking outside the box. Ide-ide mereka tidak hanya cemerlang, namun cara menyelesaikan masalah bagi orang sukses sangat berbeda dengan cara menyelesaikan masalah bagi orang biasa. Orang biasa mungkin hanya menyelesaikan masalah yang saat itu muncul, namun orang sukses akan memikirkan bagaimana keputusannya berpengaruh pada masalah-masalah lain yang mungkin akan muncul sehingga mereka bisa meminimalisir hal tersebut.

Nah, berkaca dari 10 poin tersebut, apakah kamu termasuk orang sukses?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *