Banyak orang menyukai berenang di kolam maupun di pantai. Berenang menjadi hal yang mengasyikkan karena bisa bermain dengan air sekaligus berolah raga. Ada kesegaran tersendiri karena bisa menyentuh air dan mengambang di atasnya. Karena itulah, banyak orang ingin membeli baju renang untuk kebutuhan mereka. Tetapi pemilihan baju renang tidak semudah kelihatannya. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan sebelum menjatuhkan pilihan pada baju renang yang tepat.

Berikut beberapa faktor yang perlu anda pertimbangkan dalam pemilihan baju renang:

  1. Bentuk tubuh

Bentuk tubuh perlu diperhatikan dalam pemilihan baju renang. Untuk anda yang memiliki bentuk tubuh slim, anda bisa membeli baju renang atasan dan bawahan. Memilih bikini dan celana dalam pendek untuk baju renang akan sangat cocok karena badan anda tidak memiliki lemak berlebih. Tetapi berhati-hatilah dalam pemilihan bikini karena anda sebaiknya menyesuaikan dengan bentuk payudara. Untuk anda yang mempunyai beberapa lapisan lemak, baju renang one piece akan lebih cocok. Tetapi untuk yang memiliki banyak lapisan lemak di perut, anda bisa menggunakan jenis berumbai atau dengan bentuk rok yang menutupi bagian perut. Hal ini akan menyamarkan bentuk tubuh anda. Begitu pula dengan anda yang memilih baju renang muslim, untuk tubuh yang berlemak, pilihlah baju 2 piece dengan celana dan atasan yang menyatu dengan rok. Ini akan membuat anda tertutup tetapi lekuk tubuh tidak terlalu terlihat.

  1. Bahan

Pemilihan bahan sangat penting. Untuk perenenang atlet, anda tentu harus memilih bahan khusus. Tetapi untuk anda perenang biasa dan hanya sebagai hobi, anda bisa menggunakan lain. Tetapi sebaiknya anda memilih bahan licin yang meringankan anda bergerak di air. Memang harganya lebih mahal dan seperti bahan yang digunakan atlet, tetapi anda tidak perlu membeli lagi untuk waktu yang lama karena lebih awet. Selain itu, bahan tersebut lebih nyaman dipakai.

  1. Warna

Warna sangat penting dalam pemilihan baju renang. Menyesuaikan dengan warna kulit adalah hal utama yang harus dilakukan. Untuk warna kulit gelap, berhati-hatilah dalam memilih warna dan hindari warna neon seperti pink muda dan kuning atau hijau muda. Pilihlah warna yang lebih nude agar tidak mencolok mata. Untuk anda dengan warna kulit yang lebih terang, anda bisa memiliki banyak variasi pilihan warna. Tetapi sebaiknya untuk anda yang telah dewasa, hindari memilih banyak warna dalam satu baju renang karena terkesan kurang dewasa dan kekanakan. Sebaliknya, untuk anak-anak pilihan warna banyak dalam satu baju renang akan terlihat sangat menarik dan ceria.

Cobalah bentuk garis-garis vertikal maupun horizontal untuk bagian perut dan dada yang sedang trend. Pilihan jenis ini cukup digemari karena tidak terlalu ramai tetapi terkesan pas di badan.

Banyak pertimbangan memang perlu dilakukan dalam pemilihan baju renang. Dengan pertimbangan tersebut, anda bisa memilih dengan lebih tepat. Selera juga bisa menjadi faktor penentu setelah semua pertimbangan lain anda lakukan. Pemilihan yang tepat akan membuat anda lebih percaya diri dan merasa nyaman dalam berenang. Selain menyenangkan, olahraga berenang yang teratur bisa membakar kalori dan membuat tubuh menjadi ideal.

Olahraga renang sangat disarankan terutama bagi anda yang memiliki berat badan berlebih. Untuk badan besar, olahraga seperti lari akan beresiko membuat kaki terkilir atau terluka. Karena itu, olahraga renang lebih aman dilakukan. Selain itu, kalori yang dibakar pun cukup besar. Dengan tidak adanya resiko cedera dan banyaknya kalori yang dibakar, tidak ada salahnya anda lebih rajin berenang. Apalagi dengan baju renang yang menarik dan pas di badan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *