Pernah gak sih kalian mendengar istilah “Equal Pay Day”? Yuk kita bahas  mengenai hal tersebut.

Equal Pay Day di peringati di tanggal yang berbeda di setiap Negara yang berbeda pula. Equal Pay Day di Amerika Serikat kali ini jatuh di tanggal 10 April 2019.

Equal Pay Day bukan lah termasuk kedalam hari-hari besar melainkan hari simbolis yang diberikan untuk meningkatkan kesadaran akan perbedaan upah gender. Equal Pay Day pertama kali diperhatikan pada tahun 1996 oleh Komite Nasional Kesetaraan Bayaran. Nah komite ini adalah sebuah organisasi perempuan dan hak sipil yang menginginkan dan menuntut untuk menghilangkan diskriminasi upah berdasarkan jenis kelamin dan ras serta untuk mencapai kesetaraan upah.

Kesenjangan upah gender dimaksudkan sebagai perbedaan rata-rata pendapatan per jam antara pria dan wanita. Atau dalam kata lain, wanita harus bekerja dengan jam lebih untuk mendapatkan upah yang setara dengan laki-laki dalam satu tahun sebelumnya. Bayangkan dampak dari kesenjangan ini bagi wanita yang harus menjadi orang tua tunggal dan menafkahi kehidupannya sendiri tentunya akan sangat berat kan? Mengapa hal itu bisa terjadi? Rata-rata wanita memiliki pengalaman kerja yang lebih sedikit karena harus mengurus rumah tangganya sehingga mengambil pekerjaan yang cenderung memiliki jam kerja yang lebih fleksible dan potensi penghasilan lebih rendah dibandingkan pria. Lalu pria juga lebih tertarik mengambil pendidikan yang memiliki nilai pasar yang lebih besar seperti jurusan teknik dan informasi sedangkan wanita lebih memilih pendidikan dengan jurusan umum seperti ilmu komunikasi, ekonomi,dan lainnya.

Untuk memperingati Equal Pay Day banyak sekolah di Amerika Serikat melakukan penjualan kue aksi ifarmatif. Apa tuh? Itu adalah salah satu bentuk protes yang digunakan oleh kelompok mahasiswa untuk mengkritik kebijakan Equal Pay Day. Mereka menjual kue dengan membedakan harga sesuai dengan ras dan jenis kelamin seperti memberikan diskon 20% untuk wanita. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran dan memnacing adanya pembicaraan tentang pembayaran yang adil.

Jadi gimana girls, menurut kalian setujukah kalian dengan adanya Equal Pay Day ini?

– Feli Pratama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *