Mungkin sebagian dari Anda masih awam ketika mendengar “dry shampoo”.  Dry shampoo adalah sejenis shampoo kering yang mana dalam penggunaannya tidak memerlukan proses pembilasan.  Keberadaan dari dry shampoo sebenarnya sudah ada dari sejak dulu. Namun, dry shampoo yang diproduksi masa dari pabrik dan tentunya lebih modern dikenalkan oleh perusahaan kecantikan Perancis bernama Klorane. Produk dry shampoo tersebut berbentuk spray.

Daripada membeli produk buatan pabrik yang kualitasnya masih belum jelas, sebaiknya Anda membuat dry shampoo dari bahan-bahan alami. Selain aman untuk tubuh, bahan tersebut sangatlah mudah ditemukan dan menghemat biaya pastinya. Bahan  dry shampoo  sendiri pada dasarnya menggunakan ekstrak jagung, havermut, dan beras. Kandungan-kandungan yang ada dalam produk dry shampoo tersebut berfungsi untuk menghilangkan minyak yang ada di rambut tanpa proses pembilasan.

Berikut adalah beberapa hal  tentang DIY dan kegunaan dry  shampoo:

Cara Membuat Dry Shampoo Sendiri atau DIY (Do It Yourself)  Dry Shampoo

Proses pembuatan dari dry shampoo sendiri sangatlah mudah dengan menggunkan 2 sendok makan bedak bayi, 2 sendok tepung maizena atau tepung jagung, dan satu sendok baking soda. Lalu campurkan ketiga bahan tersebut secara merata.  Setelah tercampur, Anda bisa memasukkan bahan campuran tersebut kedalam sebuah wadah yang kedap udara seperti wadah garam atau wadah merica yang mana bisa Anda simpan untuk kebutuhan beberapa hari kemudian.

Cara Memakai DIY dan Kegunaan Dry Shampoo

DIY dan Kegunaan Dry Shampoo memang bagus untuk rambut Anda. Untuk mengaplikasikannya, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menuangkan secukupnya dry shampoo tersebut di telapak tangan Anda.  Lalu, gosok-gosokkan dry shampoo tersebut  ke seluruh permukaan rambut Anda. Diamkan sejenak hingga minyak di rambut Anda hilang. Langkah terakhir adalah sisir rambut Anda hingga serbuk putih dari dry shampoo tersebut hilang.

Kapan Anda Harus Menggunakan Dry Shampoo?

DIY dan kegunaan dry shampoo sangatlah bermanfaat terutama untuk membuat rambuh Anda menjadi lebih bersih. Minyak-minyak yang ada pada rambut Anda bisa terserap dengan baik akibat pemakaian dry shampoo tersebut. Namun, sebaiknya Anda mengetahui kapan dry shampoo digunakan.

Berikut adalah beberapa tipsnya:

  1. Tuangkan dry shampoo ke seluruh permukaan kepala Anda setelah Anda melakukan kegiatan olahraga, atau pada saat Anda benar-benar tidak waktu untuk mandi baik sebelum bekerja atau pergi ke sekolah.
  1. Gunakan dry shampoo yang telah Anda buat terutama setelah Anda dari perjalanan yang baik baik itu turun dari pesawat atau turun dari kapal laut.
  1. Jangan gunakan dry shampoo Anda berkali-kali terutama ketika Anda akan mencuci rambut Anda dengan menggunakan shampoo cair dan membilasnya dengan air.

Tips-Tips Lain

Di dalam menggunakan dry shampoo, beberapa orang sering mengabaikan hal-hal sepele yang sebenarnya bisa berakibat fatal. Berikut adalah tips-tips yang mungkin berguna bagi Anda:

  1. Aplikasikan dry shampoo tersebut pada rambut Anda yang kering. Sangatlah fatal apabila Anda menggunakan dry shampoo pada rambut Anda yang basah. Rambut Anda malah menjadi acak-acakan karena gumpalan dari dry shampoo tersebut.
  1. Gunakan dry shampoo pada sebatas rambut saja, jangan sampai terkena kulit kepala. Apabila hal itu terjadi, maka kepala Anda akan terasa gatal dan membuat tidak nyaman tentunya.

 

Demikianlah beberapa ulasan singkat tentang  DIY dan kegunaan dry shampoo yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga informasi tersebut bermanfaat bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *