Bersyukur adalah salah satu senjata paling ampuh dalam menciptakan kehidupan yang kita inginkan. Bersyukur juga dapat memberi kita energi yang baik, memberi kita perspektif tentang masalah kita dan membantu menarik lebih banyak dari apa yang kita inginkan ke dalam hidup kita. Kalau dipikir-pikir, ternyata dengan kita bersyuku, kita bisa mendapatkan banyak sekali manfaat dan hal lain yang kita butuhkan. Dengan kita mengaplikasikan sikap bersyukur di setiap hal yang kita lakukan, hal tersebut dapat meningkatkan setiap bagian dalam hidup kita, termasuk kesehatan dan kebahagiaan serta kemakmuran.

Cara untuk mengekspresikan rasa syukur tentunya berbeda-beda pada setiap orang. Namun ada satu cara yang bisa membantu kita untuk count our blessing, yaitu dengan menulis gratitude journal. Menggunakan gratitude journal sekali sehari terbukti dapat meningkatkan kesehatan mental dan kebahagiaan. Karena dengan begitu kita akan selalu mengingat dan mengetahui apa saja hal-hal baik yang kita terima selama ini, bahkan yang selama ini tidak kita sadari keberadaannya. Kita akan menjadi orang yang lebih mindful dan juga lebih bersyukur akan apapun yang kita terima, baik itu hal positif ataupun hal negatif.

Terkadang kita merasa kita sedang berjalan di jalanan yang terjal dengan susah payah, merasa dikucilkan, sendirian dan terpisah dari dunia. Hal tersebut merupakan salah satu bentuk hal negatif yang juga perlu kita syukuri keberadaannya. Mungkin saja hal tersebut merupakan hal positif terselubung. Hal tersebut akan terkesan negatif berdasarkan cara pandang kita memandang sesuatu. Jika kita mengalami hal-hal buruk dan kita masih tetap bersyukur, hal tersebut merupakan energi positif yang kita hasilkan yang berasal dari sesuatu yang negatif.

Bahkan ketika kita sedang berada di tempat yang tidak kita inginkan, kita dapat tetap bersyukur. Cobalah untuk melepaskan semua sudut pandang negatif yang terjadi di sekitar kita. Dengan begitu kita akan jatuh cinta dengan hidup kita sendiri. Kita dapat mencari kebahagiaan di seluruh dunia tetapi kita tidak akan menemukan kebahagiaan sampai kita menyadari bahwa kita mencari di tempat yang salah, karena bahagia itu datangnya dari diri sendiri. Kita sendiri yang bisa ciptakan dengan rasa puas dan cukup dengan apa yang sudah kita miliki.

Inilah cara bersyukur yang mengubah hidup kita:

Kebebasan

sumber: https://www.pexels.com/id-id/@snapwire

 

Terkadang kita merasa hidup yang kita jalani tidak seindah dulu, kita merasa stuck dan terikat dengan belenggu yang membawa kita ke kegelapan. Namun, dengan memiliki sikap dan kebiasaan bersyukur dapat menemukan kembali dunia, kehidupan, dan diri kita sendiri dengan mata yang baru. Memilih bersyukur berarti memilih untuk melepaskan. Melepaskan segala beban yang menurut kita bisa membuat hidup kita bahagia padahal tidak, melepaskan rasa cemburu, membiarkan kita untuk memiliki sesuatu dengan cara tertentu.

Misalnya jika kita ingin menurunkan berat badan supaya lebih sehat, daripada kita harus kelaparan dan menyiksa diri, ubahlah cara pandang kita. Tanyakan pada diri sendiri, apa kita benar-benar membutuhkan hal tersebut? Apakah menurunkan berat badan itu memang diperlukan, padahal sebenarnya berat badan kita sudah cukup ideal. Jika tujuan kita hanya untuk mengikuti trend atau teman-teman, lebih baik tanyakan kembali dirimu sendiri. Namun, jika kita melakukan hal tersebut karena memang kita butuh, lakukanlah dengan cara yang paling membuatmu bahagia, yaitu dengan cara kebebasan.

Artinya bebas dari rasa takut, bebas dari rasa stres, bebas dari rasa tertekan, dan lain-lain. Dengan kebebasan dan juga komitmen, semua rencana dan keinginan yang kita susun akan menjadi sebuah perjalanan yang mengasyikan, bukan beban yang harus kita laksanakan.

Prespektif

sumber: https://www.pexels.com/id-id/@fabiano-rodrigues-794857

 

Sikap bersyukur membantu kita fokus pada segala hal yang membuat hidup kita indah. Bersyukur bisa mengalihkan perhatian dari hal-hal negatif dan meminimalkan pengaruhnya terhadap hidup kita. Bersyukur juga bisa mengubah cara pandang/prespektif kita terhadap sesuatu.

Misalnya, suatu hari kita sudah bersiap-siap ingin pergi bersama teman-teman, tapi ternyata hujan turun dengan sangat deras. Kita tentu saja akan merasa kesal karena tidak jadi pergi bersama teman-teman. Namun jika posisinya kita tukar, misalnya, bayangkan jika kita sedang sakit dan berbaring di rumah sakit selama berhari-hari, kemudian pada hari saat hujan tersebut kita dibolehkan untuk keluar ruangan. Pasti kita akan sangat senang bisa merasakan tetesan air hujan kembali dan menikmati sejuknya udara.

Kita harus mulai hidup seolah-olah kita bisa mati kapan saja. Kita harus belajar menghargai apa yang kita miliki bahkan jika kondisinya tidak “sempurna”. Karena kita tidak akan selalu punya kesempatan di hari lain.

Tidak peduli di mana kita berada, atau apa pun yang kita lakukan. Bagaimanapun, rasa syukur adalah sebuah perasaan. Jadi memilih untuk bersyukur pada setiap hal yang terjadi merupakan jalan terbaik yang bisa kita lakukan agar lebih mindful dan memahami arti dari hidup kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *