Mempunyai rambut yang diwarnai memang memerlukan perawatan ekstra. Banyak resiko kerusakan rambut yang bisa dialami akibat penggunaan bahan kimia seperti rambut patah, bercabang dan adanya rambut rontok. Rambut pun bisa menjadi kering dan kurang ternutrisi. Ada banyak cara merawat rambut yang diwarnai yang bisa anda coba agar rambut senantiasa sehat.

Banyak keuntungan yang dimiliki dari memiliki rambut yang diwarnai. Anda bisa tampil beda dengan tatanan rambut yang indah. Ada banyak tatanan rambut yang bisa menyesuaikan dengan warna rambut agar bisa tampil elegan, seksi, cantik, maupun berkelas. Anda tidak perlu takut memiliki rambut rusak dan tetap bisa tampil maksimal jika bisa merawat rambut dengan baik.

Berikut beberapa cara merawat rambut yang diwarnai yang bisa anda coba:

  1. Clarifying shampo

Pastikan anda menggunakan clarifying shampo setelah melakukan pewarnaan rambut. Shampo jenis ini bertujuan untuk menghilangkan sisa produk perawatn rambut yang masih menempel. Selain itu, pewarnaan rambut yang gradasinya belum rata bisa diselesaikan dengan shampo ini. Tampilan warna lebih merata dan rambut lebih bisa bersih dan berkilau.

  1. Gunakan penutup rambut

Saat anda berada di luar ruangan dan terpapar sinar matahari yang terik, usahakan untuk memakai penutup kepala. Anda bisa menggunakan topi agar rambut tidak terkena paparan sinar matahari langsung. Saat berolahraga berenang, anda bisa menggunakan penutup kepala khusus renang agar tidak terkena bahan kimia penjernih air kolam. Dengan perlindungan tersebut, rambut tidak akan mudah rusak.

  1. Keramas tepat waktu

Jangka waktu keramas yang baik adalah seminggu 3 kali. Tidak perlu mencuci rambut setiap hari karena akan menghilangkan kelembaban alami rambut. Saat keramas, pastikan anda menggunakan air dingin karena akan membuat rambut lebih berkilau dengan kelembaban alami yang terjaga. Keramas dengan air hangat akan dengan cepat menghilangkan kelembaban alami rambut.

  1. Gunakan conditioner

Gunakan conditioner sehabis keramas. Hal ini akan membuat rambut menjadi lebih lembut dan mudah diatur. Selain itu, rambut akan mudah disisir dan tidak akan cepat kusut saat terkena angin.

  1. Manfaatkan masker rambut

Ada banyak jenis masker rambut yang bisa anda gunakan, mulai dari yang menggunakan bahan alami dengan membuat sendiri maupun membeli produk jadi. Sebaiknya gunakan secara rutin minimal seminggu sekali agar rambut tetap sehat berkilau tanpa adanya kerusakan. Cara merawat rambut yang diwarnai ini cukup mudah dilakukan dan hasilnya pun memuaskan.

  1. Gunakan vitamin rambut

Ada banyak vitamin rambut yang bisa anda beli dan gunakan. Dengan memberikan vitamin rambut, kelembaban alami rambut akan kembali dan rambut tidak terlihat kering dan kusam.

  1. Kurangi penggunaan alat rambut

Alat untuk menata rambut seperti pengeriting ataupun pelurus rambut akan membuat rambut cepat kering. Sebaiknya kurangi penggunaan ala tersebut. Untuk hair dryer, anda sebaiknya hanya menggunakan jika benar-benar memerlukan sehingga rambut tidak mudah rusak.

  1. Pilih tatanan rambut yang lebih simpel

Tatanan rambut yang memerlukan pengeritingan ataupun tata rambut yang perlu di blow dry ataupun dikepang akan membuat rambut menjadi terkekang dan mudah rusak. Usahakan jangan mengikat rambut terlalu kencang karena akan mudah merusak rambut. Dengan menggunakan gaya rambut yang lebih simpel untuk cara merawat rambut yang diwarnai, maka rambut tidak mudah rusak dan tetap sehat berkilau.

Jika anda ingin mewarnai rambut dengan warna yang berbeda, usahakan memberi jarak minimal 6 bulan agar rambut tidak mudah rusak dan kelembaban alami tetap terjaga. Selalu gunakan tips cara merawat rambut yang diwarnai dengan rutin dan rambut sehat pun akan anda dapat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *