Tidak bisa dipungkiri lagi, kita memiliki banyak aktivitas di tengah hirup pikuk kota yang padat. Banyaknya hal yang harus dilakukan dalam jadwal yang sempit membuat anda bekerja keras. Dalam hal pekerjaan, banyak orang harus kerja lembur karena beban kerja yang banyak. Mereka harus menyelesaikan pekerjaan yang menumpuk sehingga harus pulang lebih lambat. Hal ini bisa saja menyebabkan seseorang memiliki gangguan tidur karena jam tidur yang tidak tetap. Anda sebaiknya mengetahui cara mendapatkan tidur nyenyak agar tubuh bisa meregenerasi sel dengan baik dan anda bisa segar bangun keesokan harinya.

Ada banyak gangguan kesehatan yang bisa dialami jika seseorang tidak mendapatkan istirahat yang cukup. Gangguan seperti pusing dan mudah lelah bisa dialami akibat kurang tidur. Gangguan insomnia pun bisa didapat jika anda tidak bisa tidur dengan nyenyak. Oleh karena itu, cara mendapatkan tidur nyenyak sangat penting agar anda bisa mendapatkan kualitas tidur yang baik. Selain itu, jika anda bisa tidur dengan baik maka anda bisa mengatur jadwal tidur lebih awal sehingga mendapatkan waktu tidur yang cukup sesuai kebutuhan.

Beberapa cara mendapatkan tidur nyenyak yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Membersihkan dan membereskan tempat tidur

Selalu bersihkan tempat tidur anda setiap hari dan tata dengan rapi setelah anda bangun. Hal ini akan memudahkan anda untuk merasa nyaman saat ingin tidur nantinya. Anda juga harus mencuci seprei minimal 1 minggu sekali agar bersih dan terbebas dari kuman dan bau.

  1. Menggunakan aromaterapi

Gunakan aromaterapi yang anda sukai baik dalam bentuk cairan, lilin atau jenis yang lain. Dengan aromaterapi, anda bisa mencium bau harus yang bisa membuat rileks otak. Anda bisa lebih tenang dan bisa tidur lebih cepat.

  1. 3.Menggunakan warna biru

Warna biru dipercaya sangat menenangkan dan memudahkan seseorang untuk tidur. Anda bisa menggunakan warna biru untuk tembok tempat tidur, seprei, ataupun lemari pakaian anda. Anda bisa memvariasikan warna biru dari biru muda sampai tua. Agar tidak bosan, jangan gunakan warna biru pada semua bagian kamar, cukup bagian tertentu atau tempat tidur dan tembok saja. Tatalah kamar sesuai keinginan anda agar merasa nyaman dan tenang sebagai cara mendapatkan tidur nyenyak.

  1. 4.Membersihkan wajah sebelum tidur

Membersihkan wajah sebelum tidur adalah salah satu cara mendapatkan tidur nyenyak. Anda bisa lebih nyaman dan rileks karena wajah bersih sehingga bisa tidur lebih awal. Gunakan krim malam atau perawatan alami menggunakan minyak zaitun sebelum tidur agar anda bisa sekaligus mencium bau harum dan bisa lebih tenang. Tetapi jangan lupakan gosok gigi dan membersihkan kaki sebagai rangkaian pembersihan muka. Dalam keadaan bersih, tubuh bisa lebih nyaman dan tidur lebih lelap.

  1. Mandi dengan air hangat

Jika anda baru saja pulang dari kantor dan merasa lelah dan gerah, sebaiknya anda mandi menggunakan air hangat. Mandi bisa membersihkan kotoran di tubuh dan wajah. Selain itu, air hangat bisa membuka pori-pori dan membuat tubuh menjadi lebih rileks. Anda bisa merasakan kehangatan dan kesegaran sekaligus dan lelah pun berkurang. Dengan begitu, tidur pun menjadi lebih nyaman tanpa gangguan.

 

Dengan beberapa cara mendapatkan tidur nyenyak diatas, pastinya anda bisa tidur lebih awal dan mendapatkan tidur yang cukup. Pastikan anda menyetel alarm untuk keesokan harinya. Aturlah jadwal anda agar lebih teratur dan pastikan anda mematuhi jadwal yang ada dan selalu tidur tepat waktu. Hal ini akan membuat anda tidur lebih mudah dan tidur pun bisa lebih berkualitas. Saat bangun, tubuh bisa kembali segar dan sehat, siap untuk memulai hari baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *