Mental yang kuat tidak serta merta muncul begitu saja. Ada banyak praktek yang harus dijalani untuk mendapatkan hal itu. Seringkali malah praktek itu sangat mudah dilakukan, namun selalu diabaikan. Apa saja?

  1. Jangan Takut Sendirian
Sumber: https://bbc.com/

Untuk menjadi seseorang yang bermental baja, kamu tidak boleh takut melakukan hal-hal sendiri. Kamu tidak bisa mengharapkan akan selalu ada bantuan karena bantuan tidak selamanya ada. Dengan menanamkan pada diri sendiri bahwa kamu bisa mandiri, kamu sudah mulai membangun mental yang kuat.

  1. Jangan Terpuruk Pada Masa Lalu
Sumber: https://tinybuddha.com/

Masa lalu memang penting. Namun jangan sampai kamu malah terpuruk dan tidak bisa move on. Jadikan masa lalu sebagai batu loncatan untuk dirimu, bukan batu sandungan yang menenggelamkanmu.

  1. Jangan Mengharapkan Sesuatu Dari Apa Yang Telah Kamu Berikan
Sumber: https://emmanuelmensahministries.com/

Banyak sekali orang yang mengharapkan balasan atas kebaikan mereka. Tapi, hal itu sebenarnya tidak baik. Dengan kamu terus mengharap itu kamu akan kecewa sendiri karena tidak mendapat apa yang kamu harapkan. Jadi, jangan terlalu berharap untuk itu. Lakukanlah kebaikan tanpa pamrih.

  1. Jangan Berharap Akan Langsung Mendapat Hasil
Sumber: https://dnaindia.com/

Hasil usahamu tidak akan serta merta muncul. Akan ada banyak sekali proses untuk mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Jadi, bersabarlah untuk itu.

  1. Jangan Ragu Untuk Berbagi
Sumber: https://everydayfeminism.com/

Berbagi tidak perlu berbentuk materi. Ilmu yang kamu punya pun akan sangat berguna untuk kamu bagikan. Ikhlas dalam memberi akan membuat kamu lebih bersyukur atas apa yang kamu punya. Dengan begitu, kamupun akan dengan sendirinya lebih bersabar saat menghadapi hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Jangan Buang Waktu Untuk Mengasihani Diri Sendiri
Sumber: https://english.elpais.com/

Kalau kamu sedang berada dalam kesulitan, jangan sekalipun mengasihani diri sendiri. Mengasihani diri sendiri adalah hal yang tidak berguna. Gunakanlah waktumu yang berharga itu untuk memperbaiki keadaan.

  1. Jangan Buang Tenaga Pada Sesuatu Yang Tak Bisa Kamu Kendalikan
Sumber: https://dnaindia.com/

Kamu tahu ada yang salah, namun, kalau penyebabnya adalah hal-hal yang tidak bisa kamu kendalikan, maka jangan paksakan diri untuk memperbaikinya.

  1. Jangan Biarkan Orang Lain Mempengaruhi Emosimu
Sumber: https://headheartbrain.com/

Emosimu adalah milikmu. Jangan mudah terbawa suasana sampai-sampai kamu seakan terhipnotis pada orang lain yang akhirnya malah membuatmu menjadi bukan dirimu. Atur emosimu, jangan sampai kamu disetir oleh orang lain.

  1. Jangan Iri Dengan Kesuksesan Orang Lain
Sumber: https://isha.sadhguru.org/

Kesuksesan orang lain ada bukan untuk menjadi objek yang harus kamu irikan. Kesuksesan orang lain ada agar kamu bisa memecut dirimu sendiri agar bisa sukses seperti mereka. Jangan biarkan dirimu iri pada kesuksesan tersebut yang akhirnya malah membuatmu lupa untuk membuat dirimu sendiri sukses.

  1. Jangan Lari Dari Tanggung Jawab
Sumber: https://redboxfire.co.uk/

Lari dari tanggung jawab tidak akan membuat masalahmu berkurang. Yang ada, masalah lain akan bermunculan hanya karena kamu tidak melakukan tanggung jawab yang sebelumnya.

  1. Jangan Mudah Menyerah
Sumber: https://pijarpsikologi.org/

Masalah akan selalu ada. Rintangan dan cobaan adalah penghias hidup. Oleh karena itu, jangan sampai kamu menyerah pada keadaan yang sebenarnya bisa kamu perbaiki. Jangan jadikan masalah, rintangan, dan cobaan sebagai alasan kamu untuk berhenti melakukan sebuah hal yang positif.

  1. Jangan Takut Mengambil Keputusan
Sumber: https://jepsonholt.com/

Setiap keputusan akan selalu ada efek sampingnya. Tidak ada keputusan yang sempurna. Jadi, janganlah kamu takut untuk memilih salah satunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *