Jam tangan merupakan aksesoris yang penting untuk mengetahui waktu. Selain itu, orang menggunakan jam tangan juga sebagai cara untuk tampil lebih modis. Jam tangan hadir dengan beragam tampilan dan model. Bahan yang digunakan pun berbeda-beda untuk memberikan motif dan corak berbeda-beda.

Untuk sebagian orang, membeli jam tangan asli sangat diperlukan karena mereka ingin tampil lebih maksimal saat bepergian. Mereka juga menggunakan jam tangan sebagai aksesoris pelengkap untuk menambah percaya diri dan membangun koneksi dengan relasi. Oleh karena itu, mengetahui cara membedakan jam tangan asli atau palsu sangat diperlukan.

Banyak produk di pasaran yang menjual jam tangan palsu karena keuntungan besar yang didapat. Mereka menduplikasi jam tangan asli namun dengan bahan berkualitas rendah. Sekilas anda mungkin tidak mengenali, tetapi ada perbedaan yang harus diketahui agar bisa membedakan mana yang asli dan mana yang palsu.

Berikut beberapa cara membedakan jam tangan asli atau palsu yang bisa anda lakukan sebelum membeli jam tangan:

  1. Garansi

Garansi bisa menjadi langkah awal untuk menentukan cara membedakan jam tangan asli atau palsu. Yang pertama anda lihat adalah garansi internasional serta cek kelengkapan box dan manual. Jam tangan yang asli mempunyai garansi yang pasti dengan tulisan di box ataupun manual lebih rapi. Bahan kertasnya pun lebih bagus. Jam tangan yang palsu bisa saja membuat replika box dan garansi tetapi biasanya dengan kualtas kertas dan tulisan yang kurang tertata rapi. Langkah awal ini tidak bisa dijadikan patokan dan anda harus meneliti barang untuk memastikan lebih lanjut.

  1. Logo

Periksa logo yang ada pada jam tangan. Logo merk yang anda beli harus sama persis dan anda bisa mengeceknya secara langsung. Logo pada jam tangan tidak selalu timbul, tetapi untuk logo yang terletak di tutup belakang, biasanya jam tangan asli akan mempunyai tekstur yang lebih rapi.

  1. Body

Cek finishing pada body jam tangan. Jam tangan yang asli akan mempunyai finishing yang lebih halus daripada jam tangan palsu.

  1. Cek Mesin

Masin jam tangan asli biasanya lebih halus dan lancar. Jika pergerakan jarum jam agak terhambat dan tidak halus, maka jam tersebut bukan original. Untuk mesin, sebaiknya pilih yang dari produk Jepang maupun Swiss karena bila rusak bisa diservis. Sedangkan untuk mesin buatan China tidak bisa diservis jika sudah rusak karena tidak bisa dibongkar.

  1. Periksa rantai

Jika anda ingin membeli jam tangan dengan rantai pada talinya, maka pastikan anda teliti kerapian rantai. Rantai yang padat dan presisi adalah ciri jam tangan asli. Untuk jam tangan palsu, biasanya rantai kurang rapi.

Selain mengenali ciri diatas untuk cara membedakan jam tangan asli atau palsu, anda juga harus berhati-hati dalam memilih lokasi pembelian jam tangan. Untuk pembelian original, anda bisa membeli di mall ataupun pusat perbelanjaan resmi karena terjamin keasliannya. Untuk jam tangan palsu, penjual tidak akan berani berjualan di tempat-tempat tersebut.

 

Dengan mengetahui cara membedakan jam tangan asli atau palsu, anda bisa menghindari tertipu membeli barang palsu. Selain itu, barang palsu juga tidak awet sehingga membuat anda semakin boros. Selalu teliti dengan baik dan gunakan jam tangan asli untuk kenyamanan dan penampilan yang lebih modis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *