“Percintaan” menjadi salah satu topik yang nggak akan ada habisnya kalau dibahas. Setiap orang punya cerita yang berbeda-beda dalam kehidupan percintaannya. Ada yang menyenangkan, menegangkan, drama sampai yang menyedihkan. Setelah mendengar dari beberapa orang dan mengalami sendiri, aku mau sharing beberapa pelajaran mengenai percintaan.

1. Jangan pernah memaksa orang untuk mencintai kamu.

sumber: https://www.pexels.com/

Kalau emang dia sayang sama kamu dan ingin dengan “sukarela” (willing) tetap sama kamu, dia akan lakuin yang terbaik buat dapetin hati kamu. Sama halnya berlaku antara kamu ke si dia. Kalau memang kamu beneran sayang sama dia, kamu akan rela lakuin apapun yang kamu mampu untuk bisa untuk bikin dia senang.

2. Jangan pernah berharap orang lain bisa bikin kamu lebih bahagia daripada diri kamu sendiri.
Kalau kamu nggak bahagia dengan diri kamu sendiri dan kamu nggak nyaman dengan kesendirian (kesinglean) kamu kemungkinan kamu akan bahagia dengan pasangan itu jauh lebih kecil. Karena setiap kali kamu merasa pasangan kamu harusnya bisa bahagiain kamu, bahkan pasanganmu dapat melakukan yang sebaliknya yaitu menyakitimu dengan sengaja maupun tidak sengaja. Karena tujuan kita berpasangan bukan untuk jadi lebih bahagia. Tetapi karena memang kamu mau sama dia dan membahagiakan dia, bukan berharap sebaliknya untuk dia bahagiain kamu.
3. Jangan pernah mengumbar keburukan pasangan kamu.
Kalau memang kamu sudah enggak bisa terima lagi atas keburukan yang dia lakukan atau ketidakadilan yang kamu hadapin selama kamu berpacaran sama dia, at least jangan umbar kejelekannya. Karena suatu saat kamu bakal ketemu yang lebih baik dan kamu nggak mau sampai dia menganggap kamu “ringan” karena kamu pernah mengalami pengalaman yang lebih buruk dan merasa dirinya sudah lebih baik daripada pasangan kamu yang dulu. Apabila kamu dapat pasangan yang mungkin lebih buruk dari yang sebelumnya kesempatan dia untuk membela diri jauh lebih besar karena dia tahu masa lalu juga nggak sebaik yang kamu alami dalam hubungan yang sekarang sama dia.
4. Sembuhin dirimu terlebih dahulu sebelum kamu menyembuhkan orang lain.
Mungkin dimata teman-teman kamu, kamu adalah orang yang paling sabar yang paling baik dan mampu menjadi pendengar yang baik bagi banyak orang. Tapi sebenarnya nggak kayak gitu. Dalam berpacaran kamu sadar kalau kamu nggak sebaik apa yang temen-temen kamu liat. Kadang ketika pasangan kamu butuh kamu untuk jadi teman baik tapi kamu malah nambahin beban dan memperuwet masalah dia bukan malah membantu. Mungkin karena kamu butuh perhatian atau kamu kesepian atau bahkan kamu sendiri masih “sakit” dari pengalaman kamu yang lalu. Jadi lebih baik kamu sembuhin dirimu sendiri dulu baru memulai hubungan yang baru dengan orang yang baru.
5. Jangan gampang ngomong kata putus.
Karena putus itu nggak mudah dan karena putus itu apa dampak panjang entah buat kamu sendiri ataupun orang lain. Sama halnya dengan nembak artinya kamu berkomitmen sama dia, putus itu juga salah satu kata bentuk komitmen menyatakan kamu nggak mau sama dia lagi. Kalau kamu sudah ngomong putus dan tiba-tiba kamu berubah pikiran, menyesal atau bahkan berpikir untuk balikan kamu akan dianggap nggak konsisten dan kamu nggak bisa komitmen sama omongan kamu sendiri.
6. Kamu enggak bisa benar-benar berteman dengan mantanmu, kecuali..
Ya, mungkin kedengarannya kayak emang childish. Tapi kemungkinan kamu bisa benar-benar berteman dengan mantanmu sangat kecil, kecuali memang kamu nggak pernah beneran sayang sama dia.
Buat kalian yang sedang jatuh cinta sekarang, baru pacaran, berencana menikah atau yang di persimpangan jalan antara kamu mau putus atau mau lanjut. Coba pertimbangin matang-matang Jangan sampai menyesal dengan keputusanmu, mintalah pendapat orang lain khususnya orang-orang terdekat seperti orang tua dan sahabat karena mereka melihat dari sudut pandang ketiga di luar dari relationship kamu. Ketika kamu nggak bisa lihat, mereka bisa lihat. Sama halnya seperti apa yang kamu liat dari pasangan kamu dan mereka nggak bisa liat.
Lanjut maupun putus sama-sama bentuk komitmen.

Cinta bukan main-main. Cinta bukan ajang coba-coba.

Selamat bulan Valentine, love yourself & love others!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *