Masih ingat dengan film Soul Surfer? Sebagai tokoh ispiratif dibalik pembuatan film ini, Bethany Hamilton dalam kehidupan nyata memang seorang yang pemberani dan sangat inspiratif. Betapa tidak? Di usianyan yang tergolong masih muda dan di saat karir berselancarnya sedang menanjak, Bethany harus kehilangan salah satu tangannya karena digigit hiu. Namun Bethany tetap bertahan dan selamat dari kejadian naas itu.

Jika anda melihat film tersebut, anda bisa merasakan apa yang dialami oleh Bethany. Semenjak dia bangkit dari keterpurukan, dia selalu berselancar dengan lebih semangat. Ada beberapa hal Bethany patut menjadi tokoh inspiratif bagi anda yang patah semangat. Berikut rinciannya:

  1. Tabah menghadapi cobaan

Awal mulanya memang sangat berat menerima satu tangan. Apalagi sebagai peselancar, tangan adalah pendorong untuk berenang yang mempunyai tugas sangat penting. Namun di tengah cobaan itu, dia mencoba untukk tetap tegar dengan dukungan dari teman dan keluarga. Intinya, dia tidak lari ke hal negatif dan mengandalkan dukungan keluarga untuk memberinya semangat.

  1. Melakukan pekerjaan sukarela

Saat dia terpuruk dan tidak bersemangat untuk kembali ke pantai, dia melakukan pekerjaan sukarela kepada mereka yang lebih membutuhkan. Dalam melakukan pekerjaan sukarela ini, dia mendapatkan pembelajaran bahwa ada banyak orang yang lebih tidak beruntung daripada dia dan dia perlu bangkit untuk menolong mereka. Selain itu, dia mempunyai surat dari banyak penggemar yang terus mendorongnya bangkit walaupun hanya dengan satu lengan.

  1. Bangkit dan lebih bersemangat

Dalam keterpurukan dan penenangan diri sendiri, akhirnya dia menyadari bahwa berselancar adalah jiwanya dan dia berani berselancar lagi dengan tidak ada ketakutan. Walaupun dengan hanya satu lengan, dengan dukungan semua orang, dia bangkit dan kembali ke laut dengan lebih berenergi.

  1. Ingin menjadi inspirasi

Hal paling bagus yang bisa kita lihat dari diri Bethany adalah semangatnya untuk menjadi inspirasi semua orang. Di tengah musibah yang menimpanya, dia ingin ini menjadi pembelajaran bahwa kita harus tetap semangat menjalani hidup apapun yang terjadi. Dengan melakukan hal yang disukai atau passion, dia mampu bangkit dan berharap orang lain pun bisa bangkit dari keterpurukan yang dihadapi.

  1. Mengejar impian

Walaupun hanya dengan satu lengan, dia tetap sportif dan ingin terus mendapatkan gelar juara di ajang berselancar yang dia ikuti. Ini adalah bukti bahwa dia memiliki jiwa champion. Dia tidak hanya ingin bermain selancar, namun tetap aktif mengikuti kejuaraan. Dengan keterbatasannya, dia malah semakin giat berlatih agar bisa tampil maksimal dan memberikan yang terbaik.

Kelima sifat Bethany diatas bisa menjadi inspirasi anda untuk menghadapi hal sulit dalam hidup. Belajarlah dari Bethany yang selalu mensyukuri apapun keadaan dia. Kita bisa belajar bahwa dengan mencintai diri sendiri, kita akan menjadi seorang yang utuh yang mampu mengatasi banyak rintangan.

 

Jika anda mengalami masa sulit atau dalam masa kejenuhan, ingatlah selalu bahwa keluarga selalu mendukung anda. Anda bisa membicarakan masalah anda dengan mereka dan berbagi cerita agar tidak terlalu stres. Dengan begitu, mengalihkan stres ke hal negatif akan lebih berkurang dan anda bisa selalu positif. Jika telah menemukan hal yang anda sukai, kejar terus dan lakukan yang terbaik karena suatu hal yang ditekuni pasti membuahkan hasil. Ingatlah untuk selal beryukur seperti Bethany karena masih banyak orang yang kurang beruntung di luar sana. Anda bisa memiliki hidup yang lebih baik dengan selalu bersyukur seperti Bethany.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *