Menyiapkan bekal yang sehat dan bergizi untuk anak sangat penting agar mereka bisa lebih sukses di sekolah. Dengan bekal yang cukup dan bergizi, kebutuhan gizi anak terpenuhi dan mereka bisa berpikir dengan lebih baik. Konsentrasi membutuhkan nutrisi dari makanan dan minuman, sehingga anda perlu menyiapkannya. Menyiapkan bekal sendiri juga merupakan hal penting agar anak tidak jajan sembarangan.

Jajan sembarangan bisa meningkatkan resiko penyakit pencernaan karena tidak terkontrolnya kehigienisan makanan. Selain itu, gizi yang kurang memenuhi juga bisa menjadi penyebab gagalnya anak di plajaran sekolah. Beberapa bekal sehat dan bergizi untuk anak sekolah bisa anda coba untuk memastikan asupan mereka.

Berikut beberapa ide makanan yang bisa anda coba:

  1. Nasi, sayur dan telur

Untuk bekal ini, siapkan nasi dengan hiasan rumput laut membentuk muka atau tokoh kartun agar anak lebih semangat menyantap bekalnya. Untuk sayur, anda bisa memberikan cah sayur atau rebusan jagung manis. Untuk telur, buatlah telur gulung dengan dicampur potongan wortel agar anak lebih suka menyantapnya. Beri tambahan dekorasi di pinggir kotak bekal dengan daun selada agar lebih cantik. Sesuaikan porsi bekal sehat dan bergizi untuk anak sekolah dengan kebutuhan anak anda.

  1. Nasi dan kornet

Jika anda sangat sibuk dan tidak bisa menyiapkan bekal lebih rinci untuk anak anda, cobalah nasi dengan kornet. Nasi bisa anda atur sesuka anda. Untuk kornet, sebaiknya isi dengan campuran daging dan sayur sehingga gizi anak terpenuhi. Untuk sausnya, anda bisa memberikan saus tomat dan mayones yang tidak pedas agar anak suka. Beri tambahan hiasan sayur selada di pinggir kotak bekal agar lebih cantik. Untuk kornetnya, potong menjadi beberapa bagian agar tidak terlalu besar dan mudah dikunyah anak.

  1.    Nasi goreng pataya

Nasi goreng bisa menjadi bekal yang nikmat untuk anak anda. Cara menyiapkannya pun cukup mudah. Anda bisa menggoreng nasi beserta sayur dan potongan sosis. Buatlah potongan sosis menajdi kecil-kecil agar mudah dimakan. Untuk penutup nasi goreng, gorenglah telur dadar agak lebar. Anda bisa menggunakan 2 telur agar bisa membentuk yang lebar. Taruhlah nas goreng secukupnya di tengah telur dadar dan lipat lalu masukkan ke dalam kotak bekal anak. Tambahkan saus tomat diatas telur agar lebih menarik dan anak lahap makan. Ini akan menjadi bekal sehat dan bergizi untuk anak sekolah favotitnya.

  1. Nasi dan mi goreng

Nasi dan mi goreng bisa menjadi bekal pilihan dengan menambahkan beberapa lauk seperti sosis, kornet dan atau telur. Atau anda juga bisa menambahkan ayam goreng jika anak suka. Untuk sayur, berikan brokoli yang telah direbus dan dibumbui sedikit garam. Hal ini akan membuat bekal sehat dan bergizi untuk anak sekolah sesuai kebutuhan anak.

Untuk kesemua bekal sehat dan bergizi untuk anak sekolah diatas, sebaiknya lengkapi dengan buah. Anda bisa memotong apel menjadi beberapa bagian dan memasukkannya di kotak bekal. Atau anda juga bisa memasukakn anggur, jeruk, stroberi, pisang, ataupun buah lainnya yang bergizi dan anak suka. Dengan gizi yang lengkap, anak akan lebih bersemangat dan bisa mengikuti pelajaran dengan baik.

 

Untuk minuman, sebaiknya bawa air putih dari rumah dengan botol tersendiri sehingga anak tidak perlu membeli minuman di sekolah. Hal ini untuk menghindari anak terkena batuk dikarenakan kurang higienisnya minuman yang dijual di lingkungan sekolah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *