Bangun pagi adalah satu kegiatan yang sulit dilakukan oleh sebagian orang. Banyak yang mengeluhkan kegiatan sehari-hari yang harus dilakukan di pagi hari karena artinya mereka harus bangun lebih pagi. Memang godaan untuk tidur di atas ranjang empuk dengan bantal yang mengelilingi adalah salah satu hal yang paling sulit ditolak oleh kebanyakan orang. Namun, dengan tidak bangun di pagi hari, sebenarnya kamu kehilangan kesempatan untuk menikmati pagi.

Di pagi hari, kamu akan mendapatkan udara yang paling segar yang bisa kamu dapatkan sepanjang hari karena masih sedikit polusi yang mengotori udara. Jadi, dengan bangun pagi, kamu bisa menghirup udara segar dan membersihkan paru-paru. Selain itu, dengan bangun pagi, kamu jadi punya waktu lebih lama sebelum memulai hari. Kamu bisa melakukan berbagai hal dengan lebih santai ketimbang saat kamu bangun mepet dari jadwal kegiatanmu. Salah satunya adalah berolahraga atau memasak sarapan dan bekal. Jadi, akan sangat disayangkan kalau kamu tidak bangun pagi.

Memang sulit untuk bangun pagi. Bahkan, ada yang merasa hal itu adalah hal tersulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, Jurnal Wanita sudah merangkumkan tips-tips jitu supaya kamu bisa bangun pagi. Dicoba, ya!

Miliki Tekad yang Kuat

Sumber: https://imaginefunlearning.blogspot.com/

Semua dimulai dari niat dan tekad. Tanpa keduanya akan sulit untuk menjalani sesuatu, termasuk bangun pagi. Kalau kamu memang setengah hati untuk bisa bangun pagi, maka akan sulit untukmu bangun pagi karena niatmu kurang. Jadi, cobalah sebelum tidur untuk memikirkan dan menata hatimu terlebih dahulu. Niatkan dalam hati kalau kamu ingin bangun pagi. Selain itu, kamu tanamkan juga apa yang ingin kamu dapat dengan bangun pagi. Misal, berolahraga atau beres-beres rumah atau karena sudah mulai kerja lagi. Dengan begitu, kamu pun jadi bersemangat untuk bangun pagi karena sudah tahu apa tujuanmu untuk melakukan itu.

Tidur Lebih Awal

Sumber: https://timesofindia.indiatimes.com/

Memiliki jam tidur lebih lama memang tidak menjamin seseorang untuk bisa bangun lebih pagi. Namun, tidak ada salahnya kamu melakukan eksperimen berapa jam yang kamu butuhkan untuk tidur. Dari situ, kamu akan tahu berapa lama yang kamu butuhkan untuk tidur. Kalau ternyata kamu butuh waktu lebih lama dari waktu rata-rata (7-9 jam), maka tidur lebih awal adalah solusi yang cocok untukmu. Meski begitu, ada juga seseorang yang membutuhkan waktu lebih sedikit untuk tidur dengan nyenyak dan bangun dengan segar di pagi harinya sehingga cara ini tidak berguna untukmu. Namun, kalau bisa, tetap tidur sesuai aturan kesehatan atau konsultasikan ke dokter, ya!

Gunakan Alarm Bila Perlu

Sumber: https://counseling.org/

Penggunaan alarm mungkin adalah pilihan yang tepat untuk kamu yang memang susah bangun pagi. Menggunakan alarm bukan berarti kamu gagal untuk bangun di pagi hari, namun itu tanda kalau memang butuh bantuan untuk bangun pagi. Setidaknya itu menunjukkan kalau kamu memang niat untuk bangun pagi. Jadi, gunakanlah alarm jika dibutuhkan. Tapi, perlu diingat juga agar jangan terlalu sering memencet tombol snooze. Atau malah kau bisa jangan memencetnya sama sekali. Begitu alarm berbunyi, langsung bangun. Jangan menunda lagi dengan memencet tombol snooze.

Jauhi Gadget

Sumber: https://medium.com/

Sering sekali kita membaca atau setidaknya menemukan artikel tentang gadget yang memengaruhi kualitas tidur. Itu benar adanya. Smartphone memancarkan cahaya biru dari ponsel memengaruhi produksi salah satu hormon yang membantu kita tidur, yakni melatonin. Jika produksi melatonin terganggu, itu bisa menyebabkan siklus tidur juga terganggu. Penggunaan samrtphone di malam hari secara terus menerus dapat menyebabkan seseorang kekurangan waktu tidur karena pikiran masih aktif hingga beberapa saat sebelum terlelap. Selain itu, kalau kamu termasuk yang tidak bisa lepas dari smartphone, maka itu juga akan mengganggu waktu tidur karena kamu akan terus menerus memeriksa smartphone-mu. Jadi, kamu akan kesulitan untuk bangun pagi karena kurang tidur.

Jadwalkan Tidur dan Bangun di Jam yang Sama

Sumber: https://realsimple.com/

Penting sekali untukmu mengatur waktu tidur di jam yang sama dan bangun pagi di jam yang sama pula. Pengaturan itu akan membuat tubuhmu terbiasa dengan waktumu untuk beraktivitas. Misalnya, kamu tidur pada pukul 9 dan bangun pukul 5 pagi setiap harinya. Maka, tubuhmu pun akan membiasakan hal itu. Sehingga saat waktu menunjukkan pukul 9 kamu akan merasa mengantuk dan pada pukul 5 pagi kamu akan terbangun dengan sendirinya. Namun, tentu saja kualitas tidurmu dipengaruhi jumlah waktu tidurmu. Jadi, jangan terlalu sering tidur larut walaupun kamu terbiasa bangun pagi.

Kurangi Aktivitas Sebelum Tidur

Sumber: https://theverge.com/

Otakmu cenderung akan relaks beberapa saat setelah melakukan aktivitas terakhir. Setiap orang memiliki waktu yang berbeda-beda. Jadi, pastikan kamu tidak melakukan aktivitas apapun jika sudah saatnya untuk tidur agar otakmu relaks sebelum tidur. Selain itu, jika kamu melakukan aktivitas berat yang melelahkan sebelum tidur, kamu akan memengaruhi fisikmu sehingga membuatmu, saat bangun di pagi hari, cenderung merasa pegal-pegal.

6 tips jitu agar bisa bangun pagi dari Jurnal Wanita ini adalah tips-tips yang bisa kamu lakukan di rumah secara perlahan. Jangan terburu-buru dalam membuat sebuah kebiasaan baru seperti bangun di pagi hari. Semua butuh waktu dan niat yang kuat. Tetap semangat dan yakin kamu bisa melakukannya! Dan kalau kamu ingin tahu tips atau konten yang berguna untuk kamu lainnya, kamu bisa cek Instagram @jurnalwanita, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *