Banyak dari kita yang cenderung termotivasi hanya sejak awal kita mendapatkan masukan inspirasional, namun motivasi tersebut sering sekali dilupakan ditengah perjalanan kita untuk mencapai kesuksesan. Tanpa kita sadari, motivasi yang bisa dipertahankan terus menerus bisa menjadi kunci kesuksesan bagi dirimu sendiri, walaupun mungkin saja kamu mengalami hambatan ditengah jalan. Oleh karena itu, penting bagi diri kita sendiri untuk dapat tetap termotivasi setiap saat.

Yuk, simal 6 cara untuk menjadi termotivasi berikut ini!

Tampilkan impian terbesarmu di tempat yang selalu kamu lihat

 

sumber: https://www.pexels.com/id-id/@brunogobofoto

 

Jika kita memimpikan sesuatu dan ingin mencapainya, yang perlu kita lakukan adalah untuk selalu ingat dan menjaga fokus kita terhadap mimpi tersebut. Itulah mengapa impian-imianmu sebaiknya kamu tulis dan letakkan di tempat-tempat yang setiap hari kamu kunjungi. Impian dan tujuanmu harus ditulis di tempat yang kamu dapat melihatnya secara konsisten. Contohnya, kamu dapat menulis impianmu di cermin dengan spidol papan tulis, jadi ketika kamu akan bersiap di pagi hari kamu melihat daftar mimpimu di cermin tersebut dan kemudia kamu akan termotivasi karenanya. Dengan mempertahankan fokus, usaha yang maksimal dan motivasi yang kuat, akan lebih mudah dan menyenangkan bagimu dalam menggapai mimpi tersebut.

Fokus hanya pada HARI INI

 

sumber: https://www.pexels.com/id-id/@sanengineer

 

Kita bisa tersesat dalam memikirkan masa depan atau menyesali masa lalu.  Kalau kamu benar-benar ingin sukses, kamu perlu belajar tentang bagaimana memfokuskan pikiranmu hanya pada saat ini. Berada di sini dan di waktu ini adalah kunci dari fokus. Sadari apa yang sedang kamu lakukan setiap harinya. Jangan terlalu sibuk memikirnya yang akan datang, karena kita tidak akan pernah tau apa yang akan datang. Tapi, bukan berarti kita tidak memiliki persiapan. Bersiap-siap untuk hari yang akan datang boleh, naun jangan sampai hal itu menyita waktumu sehingga waktumu terbuang untuk masa yang belum tentu. Lebih baik gunakan waktumu untuk hari ini. Pikirkan dan sadari apa yang kamu lakukan di hari ini. Lakukannya semuanya dengan yang terbaik.

Sama seperti masa yang akan datang, kamu pun jangan terlalu sibuk dengan masa lalu. Tidak ada yang bisa kita ubah dari apa yang telah terjadi di masa lalu. Cukup jadikan hal tersebut sebagai elajaran dan motivasi agar kamu melakukannya dengan lebih baik di hari ini. Begitu pula dengan masa depan, jadikan masa depanmu sebagai motivasi agar aa yang kita lakukan di hari ini akan memiliki dampak baik untuk masa depan kita.

No multitasking!

 

sumber: https://www.pexels.com/id-id/@suzyhazelwood

 

Salah satu kesalahan terbesar yang biasanya kita semua lakukan adalah mencoba melakukan SEMUANYA sekaligus. Kami menggigit lebih dari yang bisa kami kunyah dan bertanya-tanya kenapa kami tidak melihat kemajuan. Biasanya kita melakukan banyak hal dalam waktu yang bersamaan atau yang biasa disebut mulitasking dengan tujuan agar semua pekerjaan yang kita punya akan cepat selesai, tapi pada kenyataannya multitasking malah membuat hal tersebut menjadi tidak mencapai hasil yang maksimal. Kemudian kalau sudah seperti itu, biasanya kita akan merasa kecewa dan marah karena tidak bisa melakukan suatu hal dengan maksimal. Padahal kuncinya adalah di diri kita sendiri.

Fokuslah pada satu hal yang kamu lakukan terlebih dahulu. Setelah selesai, beri diri kita waktu untuk istirahat, kemudian kerjakan kembali pekerjaan selanjutnya. Dengan cara itu kita bisa menghindari kelelahan dan akan mendapatkan hasil yang maksimal karena kita fokus saat mengerjakannya. At the end of the day, kita akan merasa puas dengan hasil pekerjaan yang maksimal tanpa harus merasa kelelahan dan mood yang buruk dan kita akan bersemangat dan termotivasi untuk menakhlukan dunia lagi besok hari.

Berlatihlah bersyukur

 

sumber: https://www.pexels.com/id-id/@eternalhappiness

 

Bersyukur. Memang kata itu adalah kata yang mudah diucapkan, tapi kadang sulit untuk dilakukan, padahal kita semua perlu bersyukur. Bersyukur pada hal-hal kecil yang kita miliki yang mungkin di hari-hari biasanya tidak kita sadari. Contohnya adalah bersyukur karena kita meiliki kebebasan. Kebebasan berpendapat, kebebasaan untuk berkarya, kebebasan untuk bermimpi setinggi-tingginya.

Percayalah bahwa dengan kita bersyukur akan berhasil melawan segala rintangan karena kita akan merasa bahwa sebenanya kita memiliki banyak sekali hal yang membuat kita menjadi seperti sekarang.

Lakukan liburan kecil 

 

sumber: https://www.pexels.com/id-id/@belart84

 

Di sela-sela kesibukan dan kepusingan yang melanda hidup seorang pekerja keras seperti mu, tidak ada salahnya untuk mengambil waktu sejenak dan melakukan liburan kecil. Tujuannya untuk beristirahat dari segala hiruk-pikuk kesibukan yang selama ini menyita waktu dan fokusmu. Jadikan waktu ini juga sebagai motivasimu dalam bekerja, kalau kamu bisa menyelesaikan seluruh kewajibanmu dengan baik, maka kamu berhak mendapatkan waktu istirahat yang tenang dan rileks di akhir pekan.

Kamu bisa memutuskan  sendiri bagaimana caranya kamu menikmati liburan kecilmu. Misalnya kamu memutuskan untuk menghabiskan akhir pekan di puncak dengan pemandangan alam yang indah dan suasana yang tenang. Maka tempat tersebut adalah cara terbaik untuk mengisi tenaga dan fokusmu kembali. Setelah liburan kecil itu cukup  memberimu ketenangan maka kamu akan siap untuk kembali fokus, siap untuk menghadapi har yang sibuk setiap hari, dan siap untuk mencapai hal-hal besar.

Tapi jika kamu lebih memilih untuk tetap di rumah selama liburan kecil ini, tidak masalah. Lakukan apa yang kamu suka dan membuatmu merasa tenang. Tidur dan bersantai-santai di kamar juga salah satu dari banyak hal yang bisa kita lakukan untuk recharge energi kita.

Tulis jurnal setiap hari

 

sumber: https://www.pexels.com/id-id/@monstera

 

Usahakan dan biasakan untuk menulis jurnal meskipun kamu sedang merasa tiak ada yang perlu diceritakan di hari ini. Hal ini akan membantumu untuk mencatat perasaan dan emosimu di hari itu. Tulis semuanya, apapun yang terjadi dan bagaimanapun perasaanmu.

Tulis apa yang kamu syukuri di hari itu, apa yang membuatmu bahagia, apa yang membuatmu merasa malu, sedih, marah. Dengan begitu, secara tidak langsung kita akan merefleksi diri kita sendiri. Kita akan melihat ke dalam diri kita dan kita sedang berusaha mencoba memahami diri kita sendiri.

Setelah kamu selesai menulis jurnalmu, bacalah kembali dari awal. Temukan kekurangan yang terjadi di hari itu dan jadikan esok hari sebagai hari yang lebih baik dari hari ini. Jadikankekurangan yang terjadi di hari ini sebagai motivasi agar kita bisa melakukannya lebih baik lagi di esok hari.

Dengan setiap hari kita melakukan hal ini, maka kita berproses menjadi manusia yang lebih baik dan semakin baik lagi setiap harinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *