Tidak semua orang bisa memiliki hidup yang terorganisir dengan baik. Ada saja hal yang menghancurkan usaha-usaha untuk mengorganisir hal-hal dalam hidup. Mulai dari dalam diri sendiri, hingga masalah dari luar diri. Memang sulit untuk memiliki hidup yang terorganisir, namun bukan berarti itu tidak mungkin. Banyak yang bisa dilakukan untuk mencapainya. Namun, ada 6 hal yang perlu dilakukan sebagai dasarnya.

Tuliskan Semuanya

Sumber: https://medium.com/

Mencoba mengingat sesuatu tidak akan membantumu untuk tetap teratur. Kamu harus mencoba menuliskannya. Kamu bisa menuliskannya dimanapun, baik di kertas maupun menggunakan gawai masing-masing agar kamu tidak lupa. Tuliskan semuanya, mulai dari daftar belanja bahan makanan, hadiah liburan, dekorasi rumah, dan tanggal-tanggal penting seperti rapat dan ulang tahun.

Buat Jadwal dan Tenggat Waktu

Sumber: https://www.friesens.com/

Orang yang terorganisir tidak membuang waktu. Mereka menyadari bahwa menjaga hal-hal tetap teratur sejalan dengan tetap produktif. Mereka membuat dan mematuhi jadwal yang diatur setiap harinya. Mereka membuat tenggat waktu dan menetapkan tujuan. Demikian pula, dengan menjalani gaya hidup yang berantakan, kamu tidak akan memiliki waktu atau ruang untuk membuat tenggat waktu atau mencapai tujuanmu.

Jangan Menunda Pekerjaan

Sumber: https://chabadintown.org/

Semakin lama kamu menunda untuk melakukan sesuatu, semakin sulit untuk menyelesaikannya. Jika kamu ingin hidup kamu tidak terlalu stres dan tidak terlalu menuntut, aturlah sesegera mungkin. Berusaha menyelesaikan sesuatu sesegera mungkin akan mengurangi bebanmu daripada melakukannya nanti.

Berikan Tempat untuk Segalanya

Sumber: https://shopify.com/

Untuk menjaga hidupmu tetap teratur berarti menyimpan barang-barangmu di tempatnya. Orang yang terorganisir menjaga keteraturan dengan menyimpan barang-barang dengan benar dan dengan memberi label untuk tempat penyimpanannya. Buat tempat penyimpanan yang mudah diakses untuk hal-hal yang kamu gunakan sepanjang waktu, dan jangan biarkan tempat penyimpanan itu berantakan.

Atur Barangmu

Sumber: https://www.mydomaine.com/

Cari waktu setiap minggu untuk mengatur barangmu. Orang yang sangat terorganisir memastikan mereka meluangkan waktu setiap minggu atau lebih untuk mengatur barang-barang mereka. Berikut adalah tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatur barang.

Hanya Simpan yang Butuhkan

Sumber: https://www.thespruce.com/

Lebih banyak barang berarti lebih banyak kekacauan. Orang yang menjalani kehidupan terorganisir hanya menyimpan apa yang mereka butuhkan dan apa yang sebenarnya mereka inginkan. Memiliki lebih sedikit barang juga berarti kamu lebih menikmati hal-hal itu dan merasa lebih baik menggunakan semua yang kamu miliki, daripada membiarkan setengah dari apa yang dimiliki berdebu karena tidak dipakai.

 

Keenam dasar ini adalah yang utama untuk dilakukan jika ingin memiliki hidup yang lebih terorganisir. Walaupun begitu, belum tentu kamu bisa menjadi lebih terorganisir. Yang perlu dilakukan setelahnya adalah kemantapan hati untuk terus melakukannya. Kalau kamu ingin membaca tips-tips dan fakta lain tentang wanita yang berguna untuk kamu, kamu bisa cek di Instagram dan Podcast Jurnal Wanita. Semoga membantu!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *