Sewaktu kita masih kecil, kita hampir tidak pernah merasakan rasaya insecure tentang diri sendiri. Seiring berjalannya waktu dan seiring bertambahnya usia, kita lebih sering dihadapkan pada media dan opini orang lain. Ada standar kecantikan, standar kesuksesan, apa yang diinginkan, dan seterusnya dan seterusnya. Tapi satu hal yang harus kita ketahui adalah pendapat orang lain tentang norma itu tidak penting, yang penting adalah apa yang kamu pikirkan tentang dirimu.

Bersaing dengan orang lain mengenai hal-hal konyol seperti siapa yang lebih cantik, lebih lucu, atau lebih baik hanya membuang-buang waktumu saja. Lebih penting bersaing dengan diri kita sendiri, bersaing untuk terus menjadi versi diri yang lebih baik lagi.

Berikut beberapa cara untuk lebih percaya diri:

Menerima Diri Sendiri

sumber: https://www.pexels.com/id-id/@moose-photos-170195


Ada beberapa hal tentang diri kita yang tidak dapat kita ubah, seperti warna rambut alami kita, tinggi badan kita, atau ukuran kaki kita. Untuk menjadi percaya diri, kita harus menerima hal-hal yang tidak dapat kita ubah tersebut. Setiap orang ditakdirkan untuk berbeda dan jika setiap orang memiliki tinggi yang sama atau memiliki warna rambut yang sama, hidup akan terasa membosankan. Kita harus bisa melihat diri kita sendiri lebih dari orang lain, itulah sebabnya kita lebih memilih diri kita sendiri. Cintailah setiap detil yang ada pada tubuhmu, seperti jerawat yang ada di pipimu, tanda lahir yang ada di tanganmu, rambut ikalmu, bahkan stretchmark yang ada di kakimu. Percayalah bahwa apa yang dimiliki olehmu tidak dimiliki oleh orang lain, itulah yang membuat dirimu spesial!

Zona Nyaman Adalah Jebakan

 

sumber: https://www.pexels.com/id-id/@joyce-dias-1262531


Berada dalam situasi yang menakutkan menunjukkan banyak hal tentang karaktermu, dan itu memaksa kamu untuk tumbuh pada saat yang sama. Dengan setiap pengalaman baru, kamu akan lebih percaya diri karena dihadapkan pada sesuatu yang membuatmu merasa tidak nyaman. Cobalah melakukan sesuatu yang membuatmu takut sebanyak mungkin. Banyak hal yang menahan kita dalam hubungan dan kesuksesan berasal dari ketakutan akan hal yang tidak diketahui. Seperti yang dikatakan oleh Eleanor Roosevelt — ‘Do one thing every day that scares you. ‘

Lift Others Up

sumber: https://www.pexels.com/id-id/@rethaferguson


Terus-menerus bersaing dan membandingkan dirimu dengan orang lain dapat menyebabkan kamu memiliki pandangan negatif tentang hidup dan dirimu sendiri. Mulailah mengangkat orang lain di sekitarmu, bahkan jika mereka adalah orang yang kamu rasa bersaing denganu. Menjadi lebih positif sebenarnya akan membantu kita meredakan persaingan dan memberdayakan orang lain dalam prosesnya.

Rawat dan Jagalah Dirimu

sumber: https://www.pexels.com/id-id/@tirachard-kumtanom-112571

 

Mendapatkan kepercayaan diri bisa jadi sulit jika kamu merasa lelah, terkuras, atau jika kamu mengabaikan kesehatan dan kebugaranmu secara keseluruhan. Menjaga kesehatan fisik, emosional, dan mental akan membuat kita merasa yang terbaik. Ada banyak cara untuk mempraktikkan perawatan diri agar lebih percaya diri! Jika kamu ingin merasa sehat dan terlihat lebih sehat, temukan rutinitas olahraga yang benar-benar kamu sukai dan membuat kamu merasa nyaman dengan dirimu sendiri. Kulit kita adalah organ terbesar di tubuh kita dan harus menjadi salah satu hal yang kamu luangkan waktu untuk fokus dan rawat. Semakin kamu merawat diri sendiri, kamu pun akan makin percaya diri.

Untuk membangun kepercayaan diri memang bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan, dibutuhkan waktu dan proses yang berbeda tiap individuya. Namun hal tersebut bukanlah tidak mungkin. Percayalah pada dirimu sendiri bahwa kamu bisa dan mampu untuk melakukannya. Melihat orang-orang yang positif juga dapat memberikan semangat dan membantu kita dalam proses menumbuhkan rasa percaya diri. So, go get it, girls!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *