Jika kamu seorang wanita karier kamu perlu membaca artikel dibawah ini, agar kamu tidak terjebak pada kesalahan karir terbesar

  1. Asumsi bahwa Kamu Mengetahui Segalanya

Akan lebih sulit untuk maju, karena kamu tidak mau mempelajari hal-hal baru.

Orang yang mau belajar adalah orang yang rendah hati dan menganggap dirinya masih banyak harus belajar. Sedangkan orang yang sombong berasumsi bahwa dirinya sudah mengetahui segalanya. Sehingga orang sombong lebih sulit maju dalam karirnya.

  1. Lupa Membangun Jaringan

Karena terlalu sibuk bekerja, mengejar karir dan deadlline sampai lupa harus mulai membangun jaringan (networking). Koneksi sangat diperlukan membangun bisnis dimasa yang akan datang, mungkin jika kamu sudah tidak bekerja.

  1. Tidak Menyiapkan Diri untuk Rapat

Ketika kamu mendapat kesempatan untuk memimpin meeting atau bertemu dengan klien usahakan untuk selalu mempersiapkan diri. Kamu bisa mencatat poin apa saja yang ingin dibahas dalam meeting, dan apa saja yang ingin ditanyakan sebelum meeting. Sehingga pembahasan dalam meeting menjadi lebih terarah dan sesuai dengan kebutuhan.

  1. Terlibat dalam Drama di Kantor

Setiap kantor pasti memiliki orang yang suka membicarakan hal buruk orang lain. Kita boleh tidak menyukai orang di kantor, tapi tetaplah bersikaplah profesional di kantor, tidak perlu melibatkan diri kedalam drama kantor, tidak ada untungnya.


  1. Terlambat saat Meeting

Terlambat saat meeting membuat kamu terlihat tidak profesional, atau dicap tidak memiliki kesiapan. Hal ini dapat menjadi pertimbangan atasanmu untuk mempromosikan kamu ke jenjang karir yang lebih tinggi.

  1. Puas akan Hasil Minimum

Kamu tidak perlu menjadi orang yang abisius. Tapi tidak baik jika kamu tidak memiliki ambisi sama sekali. Kamu akan cepat puas dengan apa yang kamu dapatkan walaupun itu hasil minimum yang dapat kamu capai dengan kemampuanmu yang mungkin bisa lebih dari itu.

  1. Tidak Mempelajari tentang Perusahaan Anda

Jika kamu baru bekerja disebuah perusahaan pasti kamu belum paham betul mengenai seluk beluk perusahaan tersebut. Berbeda dengan orang-orang yang sudah bekerja lama dikantor tersebut. Maka kamu harus mempelajari tentang perusahaan tempat dimana kamu bekerja, misalnya membaca company profile atau membaca disitus perusahaan, sehingga kamu memiliki gambaran mengenai tujuan, visi, misi perusahaan dan bisa menyesuaikan diri dengan cepat.

  1. Lupa Memperbaharui Akun Linkedin

Mengupdate akun Linkedin sangatlah penting, mengenai kemampuan, pengalaman bekerja, dan sebagainya. Misalnya untuk melamar kerja diperusahaan yang lebih baik, atau untuk porfolio pribadi untuk karir Anda selanjutnya.

  1. Nekad Berhenti Kerja

Kadang saat kita sedang merasa “muak” atau bosan dan kesal terhadap perusahaan dimana kamu bekerja sekarang membuat kamu ingin berhenti dari perusahaan tersebut secepatnya. Tapi jangan bertindak gegabah dengan nekad berhenti kerja ketika kamu tidak memiliki rencana selanjutnya. Apakah kamu ingin bekerja ditempat lain atau membuka bisnis sendiri.

  1. Berpakaian Tidak Profesional

Tetaplah berpakaian sopan dan rapih didalam kantor. Karena cara berpakaian kamu mencerminkan kepribadianmu, dengan berpakaian rapih, sopan dan profesional orang akan melihat dan memperlakukanmu sebagai orang yang profesional juga.

  1. Tidak Belajar dari Kesalahan

Sebagai manusia wajar jika pernah melakukan kesalahan tidak terkecuali dalam bekerja. Tapi jika kesalahan yang sama dilakukan berulang kali, atasanmu mungkin akan berpikir bahwa kamu tidak mampu bekerja dibidang yang kamu lakukan sekarang.

  1. Menjadi Orang yang Negatif

Orang yang negatif akan melihat segala sesuatunya secara pesimis, ini akan memperlambat karirmu. Menjadi orang negatif maksudnya adalah sulit melihat peluang, suka menjelek-jelekan perusahaan atau rekan kerja, komplen mengenai pekerjaan dan sebagainya. Cobalah melihat sisi positif dari setiap keadaan.

  1. Tidak Meminta Bantuan

Jangan malu atau sungkan dalam meminta bantuan kepada rekan kerjamu apabila kamu benar-benar membutuhkan bantuan.

  1. Lupa Mengucapkan Terima Kasih

Jika rekan kerja sudah membantumu, jangan lupa mengucapkan terima kasih. Setiap orang sangat menghargai ucapan terima kasih, dan mungkin tidak keberatan jika kamu meminta bantuan mereka di lain waktu.

  1. Tidak Membela Hak Anda

Jika kamu merasa bahwa hak sebagai karyawan di perusahaan sudah terganggu, misalnya tidak diberikan jatah cuti, upah lembur, dan bekerja diluar jam kantor, atau diberikan gaji tidak sesuai apa yang kamu kerjakan, jangan takut untuk membela hak Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *