Time manajemen atau manajemen waktu adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Sulit dilakukan karena membutuhkan komitmen besar untuk menyukseskannya. Selain itu, dengan jadwal di luar dirimu yang terus berubah, manajemen waktu pun semakin sulit untuk dilakukan. Walaupun sulit, bukan berarti tidak bisa dilakukan. Lakukan step-by-step memperbaiki manajemen waktu berikut selama 14 hari, kamu pun juga bisa membuat manajemen waktu yang bisa kamu eksekusi dengan baik.

1.      Buat Jurnal Waktu

Sumber: https://id.pinterest.com/

Jurnal waktu ini berbentuk daftar apa saja yang ingin kamu lakukan di hari itu. Mulai dari jam berapa kamu mulai melakukannya sampai selesai dan kegiatan apa yang akan kamu lakukan selanjutnya.

2.      Evaluasi

Sumber: https://hatrabbits.com/

Setelah kemarin kamu menjalankan jurnal waktu, kamu evaluasi kegiatan apa yang ternyata membutuhkan waktu lebih lama atau yang mungkin bisa kamu kurangi waktunya.

3.      Buang Pikiran yang Tidak Berguna

Sumber: https://blog.biomedcentral.com/

Di hari ketiga, kamu mulai coba untuk memilah mana saja yang penting dan tidak. Kamu bisa membuang pikiran-pikiran yang tidak penting. Pikiran yang tidak penting ini akan menghambat kamu melakukan rutinitas sehari-hari.

4.      Tulis Hal yang Kamu Sukai Dari Dirimu

Sumber: https://unsplash.com/

Kamu adalah orang yang paling mengerti diri kamu sendiri. Kamu pun yang tahu apa kelebihanmu. Coba tuliskan apa saja yang kamu sukai dari dirimu. Tuliskan sebanyak-banyaknya. Ini berguna supaya kamu lebih termotivasi untuk melakukan banyak hal yang kamu sukai.

5.      Buat Komitmen dengan Diri Sendiri

Sumber: https://greatnewsnetwork.com/

Hal yang sulit dalam mengatur waktu adalah komitmen. Ada saja hal yang membuat kita lupa akan jadwal yang sudah dibuat. Jadi, di hari kelima ini, kamu coba lebih berkomitmen untuk melakukan kegiatan sesuai jadwal yang telah kamu buat. Sayang, kan, sudah lima hari tapi masih belum bisa patuh dengan jadwa sendiri?

6.      Buat Daftar Prioritas

Sumber: https://christianquotes.com/

Setelah lima hari, kamu pasti paham mana saja yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu, dan mana yang bisa kamu tunda kerjakan. Jadi, kamu bisa buat daftar prioritas di hari keenam ini.

7.      Jadwalkan Prioritasmu

Sumber: https://ppx.inkwellpress.com/

Di hari keenam kamu sudah mengkategorikan kegiatan prioritas. Sekarang, kamu atur sedemikian rupa jadwalmu dengan memperhatikan daftar prioritas yang kamu buat kemarin.

8.      Buat Jadwal 2 Mingguan

Sumber: https://blog. hootsuite.com/

Setelah membuat jadwal prioritas, kamu bisa mulai membuat jadwal selama 2 minggu kedepan.

9.      Ciptakan Rutinitas Pagi

Sumber: https://pl.venngage.com/

Kamu sekarang sudah mulai patuh, nih, dengan jadwal sendiri. Sekarang saatnya menyisipkan rutinitas baru yang baik dilakukan di pagi hari. Contoh rutinitasnya adalah bangun lebih pagi, olahraga, dan berjemur.

10.  Ciptakan Rutinitas Sore

Sumber: https://pinterest.com/

Selain rutinitas pagi, kamu juga boleh coba membuat rutinitas malam yang gak kalah baiknya. Contohnya seperti mengevaluasi hari, menulis, mandi, dan lainnya.

11.  Lakukan Peraturan Tanpa Media Sosial

Sumber: https://en.m.wikipedia.org/

Di hari kesebelas, kamu coba sisipkan waktu di jadwalmu dimana kamu benar-benar tidak membuka media sosial. Media sosial tidak selalu isinya baik. Jangan sampai kamu menghancurkan mood kamu karena berita tidak menyenangkan di media sosial. Kamu bisa menjadwalkannya di pagi hari agar kamu lebih bersemangat tanpa beban karena pemberitaan media sosial.

12.  Menolak tanpa Meminta Maaf

Sumber: https://thenankoo.com/

Kamu berhak menolak ajakan orang lain untuk pergi karena itu akan mengganggu jadwalmu. Jadi, mulai sekarang coba untuk menolak tanpa perlu merasa bersalah.

13.  Tanyakan 4 Pertanyaan Sebelum Mengiyakan

Sumber: https://englishlive.af.com/

Kalau kamu mau disuruh melakukan sesuatu di luar jadwalmu, kamu bisa tanyakan dulu pertanyaan seperti seberapa pentingnya kegiatan itu, apakah akan memakan waktu lama, apa feedback yang kamu dapatkan, dan apakah bisa jika diganti di lain waktu. Setelah mengkonfirmasi semuanya dan ternyata itu penting, baru kamu mengiyakannya.

14.  Buat Jurnal Waktu dan Evaluasi

Sumber: https://clairediazortiz.com/

Di hari terakhir, kamu sudah mengerti tentang jadwal dan prioritasmu. Sekarang, saatnya mengupdate jadwal dan menyesuaikannya dengan jadwal dan prioritas barumu. Lakukan itu perdua minggu sekali karena prioritas pasti berubah-ubah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *