Produktif adalah sifat yang semestinya dimiliki semua orang. Baik pekerja kantoran maupun ibu rumah tangga sekalipun harus tetap produktif. Memiliki sifat yang produktif bisa membantu kamu untuk memaksimalkan kemampuanmu dalam menyelesaikan sesuatu tanpa jeda namun juga tanpa membuat kamu terlalu lelah. Namun, tanpa disadari, ada beberapa hal yang bisa menghambat produktifitas. Diantaranya adalah:

1.      Browsing Internet Berlebihan

Browsing menggunakan internet adalah hal yang bagus untuk dilakukan. Apalagi, sekarang, internet adalah tempat segala informasi berada. Tapi, kalau secara berlebihan juga tidak baik. Browsing Internet secara berlebihan dapat membuat kamu lupa waktu dan malah melalaikan tugas lainnya yang tidak kalah penting yang akhirnya menghambat produktifitas.

2.      Multitasking

Terdengar bagus, kan? Tapi, ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa hanya 2% dari populasi dunia yang bisa melakukan multitasking dengan baik. Jika kamu tidak bisa melakukan multitasking dengan baik, maka jangan dilakukan. Kalau masih mau multitasking, perhatikan berapa banyak pekerjaan yang bisa kamu lakukan secara bersamaan. Jangan sampai, multitasking yang dilakukan untuk meningkatkan produktifitas malah bersifat menghambat.

3.      Sering Membuka Email

Sama seperti browsing, sering-sering membuka email bisa membuatmu lupa waktu. Kamu mungkin sedang menunggu email. Namun, sembari menunggu, kamu tidak perlu terus-terusan merefresh kotak masuk emailmu. Cukup beberapa menit sekali sambil melakukan hal lain yang mungkin bisa kamu lakukan.

4.      Perfeksionis

Kalau dipikir-pikir, menjadi perfeksionis itu memang menghambat produktifitas. Bayangkan, berapa kali kamu harus mengulang suatu pekerjaan sampai sempurna? Bisa-bisa, waktumu habis hanya untuk menyempurnakan pekerjaan itu dan mengabaikan pekerjaan lain.

5.      Menunda Pekerjaan

Tidak perlu diberitahu, menunda pekerjaan pasti akan menghambat produktifitas. Menunda pekerjaan artinya tidak melakukan pekerjaan tersebut dan malah melakukan hal lain yang belum tentu merupakan prioritas tinggi. Jadi, hilangkan kebiasaan menunda pekerjaan agar lebih produktif.

6.      Melakukan Terlalu Banyak Meeting

Terlalu banyak meeting bisa menyebabkan kamu malah bingung dengan pekerjaan yang kamu kerjakan. Akan ada banyak sekali ketidakpuasan dalam meeting tentang hasil kerjamu. Hal ini menyebabkan kamu akan terus menerus memperbaiki pekerjaanmu sehingga kamu tidak punya waktu untuk mengerjakan hal lain.

7.      Duduk Terlalu Lama

Siapa sangka kalau duduk terlalu lama tidak baik untuk produktifitas? Duduk terlalu lama dapat membuat punggungmu sakit dan membuat kamu menjadi kurang fokus. Jadi, sisihkan waktu sedikit untuk berdiri dan menggerakkan tubuh.

8.      Mematikan Alarm dan Kembali Tidur

Kalau kamu tipe orang yang mematikan alarm lalu lanjut tidur lagi, maka buang jauh-jauh kebiasaan ini. Mematikan alarm tidak membuat kamu bisa tidur dengan nyenyak lagi. Yang ada, kamu malah menguras energi karena memaksakan untuk tidur lagi. Daripada tidur lagi, lebih baik kamu bangun dan mulai beraktifitas.

9.      Tidak Punya Prioritas

Skala prioritas itu penting. Dengan skala prioritas, kamu akan tahu mana saja pekerjaan yang harus kamu lakukan terlebih dulu. Kalau kamu tidak punya skala prioritas, kamu akan keteteran dan malah jadi menghambat produktifitas.

10.  Merencanakan Terlalu Matang

Perencaan juga penting. Namun, kalau kamu hanya fokus pada perencanaan, maka rencana kamu tidak akan terlaksana. Karena, setiap kali kamu mau memulai, kamu akan merasa kalau rencana ini belum matang yang akhirnya kamu malah menghabiskan waktu kembali pada proses perencanaan.

11.  Terlalu Santai

Terlalu santai juga menghambat produktifitasmu. Iya, kamu tidak terlalu fokus pada perencanaan. Namun kamu malah dihadapkan dengan hambatan-hambatan yang semestinya tidak ada jika kamu merencanakannya dengan baik.

12.  Tidur dengan Handphone

Handphone memancarkan sinar biru melalui LED-nya. Sinar biru ini menyebabkan kualitas tidurmu menuruun. Karena kualitas tidurmu menurun, kamu pun menjadi tidak terlalu bersemangat di pagi hari dan produktifitasmu menurun.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *