Self-love bisa dikatakan sebagai sebuah penerimaan diri yang dapat digambarkan sebagai sebuah rasa dukungan dan kepeduliaan yang tidak terbatas pada diri sendiri. Self-love juga bisa dilihat sebagai kesediaan kita untuk memenuhi kebutuhan diri, tidak memikirkan hal-hal yang menghakimi diri sendiri, dan melihat diri sebagai sesuatu yang berharga, baik, bernilai, dan berhak mendapatkan kebahagiaan. Ketika kamu berhasil mencintai diri sendiri dan orang lain, maka orang-orang di sekitarmu pun akan kembali mencintaimu dengan setulus hatinya.

sumber: http://www.freepik.com

 

Berikut 10 cara sederhana yang bisa Anda lakukan dalam rangka  mencintai diri sendiri:

  1. Bersihkan lemari Anda. Hal yang satu ini, selain berguna untuk kebersihan dan kerapian lemari Anda tapi juga bagus untuk mengalihkan pikiran Anda dari permasalahan yang mungkin sedang Anda hadapi. Anda juga dapat menjual atau menyumbangkan barang yang masih dalam kondisi bagus.
  2. Membuat kue favorit. Kegiatan ini juga bisa menjadi solusi untuk mengapresiasi diri sendiri. Dengan mencium aroma kue yang manis dan enak, dapat melepaskan energi negatif yang ada pada tubuh Anda. Setelah kue Anda jadi, nikmatilah bersama dengan teh hangat atau susu.
  3. Tuliskan daftar hal-hal yang Anda sukai dari diri Anda. Ini bisa menjadi rumit pada awalnya, tetapi tuliskan apa pun yang terlintas dalam pikiran. Meskipun mungkin tampak sepele, tapi hal ini dapat membantu Anda untuk lebih mengenal diri sendiri. Tuliskan juga bagaimana perasaanmu hari ini, apa yang membuat Anda senang atau sedih, apa yang membuat Anda bersyukur. Semakin banyak Anda menulisnya, semakin Anda mengenal diri Anda sendiri.
  4. Movie night. Tontonlah film favorit Anda. Anda bisa menontonnya sendiri atau juga bersama dengan orang-orang terkasih. Usahakan untuk tidak terlalu sering mengecek ponsel Anda. Nikmatilah film Anda bersama dengan kue yang sudah Anda buat sebelumnya atau camilan favorit lainnya.
  5. At-Home Cuci rambutmu dengan air hangat. Nyalakan lilin aromaterapi. Gunting kukumu dan gunakanlah kutek warna favorit. Pakai makser. Pakai skincare. Gunakan lotion dengan wangi yang Anda sukai.
  6. Sing it out loud! Putar lagu favoritemu dan nyanyikanlah keras-keras. Jangan malu-malu untuk bergoyang seiring dengan irama musik. Lepaskanlah semuanya pada musik!
  7. Create something. Melukis, mewarnai, menyulam atau hal lainnya yang membantu membuatmu merasa lebih tenang, disamping itu Anda juga mendapatkan bonus hasil karya dari tangan Anda sendiri.
  8. Tulis happiness journal. Sebelum tidur, tuliskan tiga hal yang membuat Anda tersenyum hari itu. Cara itu merupakan cara yang baik untuk menghilangkan stres serta megingatkan Anda akan hal-hal kecil yang Anda miliki dan patut untuk Anda syukuri.
  9. Maafkanlah dirimu. Akui kesalahan masa lalu yang mungkin selama ini mengganggu pikiran Anda dan terimalah fakta bahwa Anda tidak dapat mengubah masa lalu. Ketahuilah bahwa saat ini dan seterusnya Anda masih pelru untuk tumbuh dan masih belajar banyak hal.
  10. Tidur adalah olahraga terbaik. Tentu saja tidur yang dimaksud adalah tidur yang cukup, tenang dan berkualitas. Dengan tidur semua otot akan rilex dan pikiran Anda akan tenang. Anda bisa melupakan semua masalah, target, serta tanggungan Anda untuk sementara. Ketika bangun nanti, Anda akan terasa lebih fresh dan lebih siap dalam menghadapi hidup Anda.

10 kegiatan sederhana tadi bisa Anda lakukan untuk mencapai ketengangan, dan yang terpenting adalah dengan melakukan hal tersebut, itu tandanya Anda sudah satu langkah lebih maju untuk melakukan hal yang benar, yaitu mencintai diri sendiri. So, don’t forget to love yourself first, ladies!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *