Puting bukan hanya adalah tahap dari keindahan payudara serta untuk menyusui, juga bisa menjadi petunjuk adanya berbagai persoalan kesehatan yang serius. Apabila Kamu mendadak menonton kerutan alias cekungan di kulit kurang lebih alias pada puting-khususnya apabila itu terjadi hanya di satu puting, hubungi dokter Anda. Ini bisa menjadi tanda peringatan kanker payudara.

Berikut adalah 7 faktor yang butuh Kamu ketahui mengenai puting Anda:

1. Keluar cairan dari puting tak jarangkali normal-bahkan apabila Kamu tak hamil alias menyusui.

Keluarnya cairan dari puting bisa terjadi pada sebagian besar wanita apabila puting ditekan, jelas Leah S. Gendler, MD, seorang pakar robek payudara di Morristown Medical Center di New Jersey.

Tapi apabila Kamu tak menekan alias meremasnya serta khususnya apabila cairan bercampur darah serta hanya berasal dari salah satu payudara, segera temui dokter, Gendler menyarankan.

Cairan bisa saja berasal dari kista jinak alias kanker payudara.

2. Pemilik puting tambahan lebih tak sedikit dari yang Kamu kira

Berbagai tokoh populer yang mempunyai puting cadangan ini antara lain Lily Allen serta Mark Wahlberg.

Puting ketiga tak jarang keliru disangka tahi lalat alias tumor. Mempunyai puting ketiga tak persoalan serta bisa dengan mudah dihapus dalam prosedur rawat jalan, kata pakar robek plastik Rahmat Ma, MD.

“Seluruh prosedur memakan waktu kurang lebih 30 menit,” katanya, “dan bisa segera pulih.”

3. Olahraga bisa menyebabkan radang pada puting.

Bra olahraga yang tak pas alias band aid yang ditempel pada puting saat berolahraga bisa menyebabkan puting tergesek serta akhirnya menjadi radang.

Tetapi apabila Kamu tak berolahraga tetapi puting berubah warna menjadi merah, gatal, bersisik, alias mengelupas, periksakanlah diri ke dokter Anda.

Ini dapat menjadi tanda penyakit Paget, sebuahbentuk langka dari kanker yang melibatkan puting serta areola, jelas Gendler.

Dia meningkatkankan, “Atau dapat juga eksim. Sehingga jangan cemas, biarkan dokter Kamu menganalisanya.”

4. Puting berbulu normal, bahkan ada pada wanita.

Benjolan kecil di kurang lebih puting yang berisi folikel rambut merupakan sesuatu yang tak butuh dikhawatirkan.

Anda dapat menghapusnya dengan wax alias dicukur dengan hati-hati. Tapi apabila folikel rambut tersebut terasa sakit, bertumbuh terus besar, alias gatal serta bersisik, cepat temui dokter.

Benjolan kecil di kurang lebih puting yang berisi folikel rambut merupakan sesuatu yang tidak butuh dikhawatirkan.
sehingga ini pertanda infeksi alias kanker.

5. Nyeri puting saat menyusui merupakan umum (dan bisa dicegah).

Berdenyut, panas, luka, nyeri. Ini semua keluhan umum bunda menyusui khususnya di minggu-minggu pertama.

Tapi apabila rasa sakit ini terus berlanjut, berkonsultasilah dengan spesialis laktasi; mungkin bayi Kamu menyusui dengan tutorial tidak benar.

Payudara membesar juga bisa memicu nyeri puting, semacam terjadi apabila ada infeksi sebab bakteri alias jamur Candida, demikian simpulan satu studi di Australia.

6. Puting terbalik tidak butuh dikhawatirkan

Kurang lebih 15% wanita mempunyai puting yang masuk ke dalam alias terbalik sejak lahir, kata Z. Paul Lorenc, MD, seorang pakar robek plastik di New York.
Anda bisa menghapusnya dengan wax alias dicukur dengan hati-hati. Tapi apabila folikel rambut tersebut terasa sakit, bertumbuh terus besar, alias gatal serta bersisik, cepat temui dokter.

“Ini persoalan sederhana, ada jaringan ikat yang hebat puting ke dalam. Cuma butuh operasi kecil untuk memperbaikinya. Kita membikin sayatan kecil untuk melepaskan jaringan ikat serta puting pun bakal timbul keluar. Lumayan anastesi lokal serta memakan waktu kurang lebih satu jam,” tambah Lorenc.

7. Puting merupakan daerah sensitif pria serta wanita

Menurut penelitian Rutgers University, rangsangan pada puting memengaruhi tahap otak yang sama dengan ketika vagina, klitoris alias penis dirangsang.

Catatan untuk mereka yang meperbuat tindik puting: Kamu dapat kehilangan sensasi yang membahagiakan yang berasal dari rangsangan pada puting sebab kerusakan syaraf.

Comments

comments