Profesi apakah yang paling baik di dunia ini? Pertanyaan ini masih menjadi perdebatan, guru, dokter, dosen, tentara atau profesi lainnya? setiap profesi tersebut tetap saling membutuhkan dan berkaitan satu sama lain. Ini bila berbicara dunia, tapi bila berbicara dari segi dakwah Islam profesi apakah yang terbaik? Pendakwah adalah profesi terbaik menurut Islam. Bagaimana Islam memandang pedakwah adalah profesi terbaik? Hal ini berdasarkan pada Qur’an Surah al-ashr 1 – 3:

وَالْعَصْرِ

إِنَّ الْإِنْسَانَ لَفِي خُسْرٍ

إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ

Demi masa, Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

Cara Mendidik Anak Agar Menjadi Da’i Yang Baik

Dakwah dalam islam

Dari ayat tadi, sangat jelas bahwa bila manusia ingin masuk surga dibekali dengan Iman, amal Salih, Saling menasehati dalam kebenaran dan saling menasehati untuk kesabaran. Bila ditarik benang merah, profesi apakah yang mencakup keempat kriteria tersebut? apalagi bila bukan pendakwah Islam. Pendakwah adalah orang yang melakukan dakwah, secara etimologi dakwah berarti seruan, ajakan atau panggilan.

Dakwah sendiri bertujuan untuk mengajak seseorang baik dalam melakukan sesuatu kegiatan atau dalam mengubah pola serta kebiasaan hidup. Jika kita menjadi seorang pedakwah, secara otomatis iman dan amal salih kita kepada Allah SWT akan senantiasa terpupuk. Pendakwah juga akan menginspirasi banyak orang yang mendengarkan dakwah Islam kita. Berdakwah untuk saling menasehati dalam kebenaran dan kesabaran ini pula membuat kita mendapatkan pahala dari Allah SWT.

Apabila kita sudah merasa terlambat untuk berdakwah didepan publik, apakah ini hanya jadi angan-angan saja? Cobalah berdakwah didalam rumah dengan mendidik dan membentuk anak kita menjadi seorang pendakwah hebat. Pengajaran dakwah sejak dini membuat anak kita akan terbentuk sesuai yang diajarkan. Selain itu pengajaran agama yang kuat sejak masih anak akan jadi bekal kelak saat dia dewasa.

Tips mendidik anak menjadi da’i

Pendakwah Islam sering pula dikenal dengan da’i bukan pekerjaan yang main-main. Karena menyangkut dengan agama serta didengar banyak orang, maka apa yang disampaikan harus sesuai dengan kebenaran agama. Ada beberapa tips untuk mendidik anak menjadi calon da’i sukses:

Perdalam ilmu agama

Bertujuan untuk menyampaikan kebenaran agama, sudah pasti anak harus mendalami agama. Mulailah dari lingkup terkecil, ajarkan dia belajar mengaji sedini mungkin, tak lupa memperdengarkan ayat-ayat al-Qur’an setiap hari. Bila dia hafal al-Qur’an akan memudahkannya untuk berdakwah nanti. Selain diajak memperdalam al-Qur’an, tambahkan pula menghafal hadist. Manfaatkan tipikal anak yang suka meniru dengan sering membawanya ke pengajian. Ini berguna untuk menggali serta meluaskan ilmu dan wawasan dalam dakwah Islam.

Percaya diri

Sifat percaya diri itu bukan sebuah pilihan, melainkan dibentuk oleh orang-orang disekitarnya. Asah selalu kepercayaan diri anak. Melatihnya dengan bercerita didepan keluarga dapat jadi awal pembiasaan percaya diri anak. Ajarkan pula bercerita dengan ekspresi, mengapa? Cara menjadi da’i yang baik harus mampu menarik perhatian orang banyak. Hal ini dapat diasah dengan cara menyuruhnya bercerita dengan ekspresi. Bila sudah terbiasa pasti anak akan terbiasa tampil dimuka umum.

Lafal

Ada sebagian anak kecil yang dalam berbicara kurang fasih atau masih celat. Hal ini tentu akan berpengaruh ketika berdakwah. Latih terus cara berbicaranya agar dia mampu melafalkan dan berbicara dengan jelas dan tajam.

Bagaimana sobat Cahaya Islam, sudah siap mendidik anak, adik atau saudara kalian menjadi pendakwah Islam? Kendati bukan kita yang berdakwah, paling tidak melalui kitalah anak bisa menjadi da’i. Allah pastinya juga akan memberikan limpahan pahala bagi kita pula.

dakwah Islam merupakan profesi yang paling baik menurut agama, karena menyampaikan kebenaran dalam agama. semoga kita semua bisa mendidik anak kita menjadi seorang da’i yang dan berguna untuk nusa, bangsa, dan agama. Aamiin.

Comments

comments