mainananak

Sebagai orang tua tentu kita semua mengharapkan yang terbaik bagi perkembangan nya. Baik dari segi motoriknya sampai dengan perkembangan otaknya. Dunia anak adalah bermain, maka para orang tua bisa merangsang tumbuh kembang anak melalui permainan. Bagaimana caranya? Berikut dalam artikel akan dijelaskan oleh penulis mengenai tips mencerdaskan anak melalui permainan.

Tips jitu mencerdaskan anak melalui permainan

Orang tua pasti akan merasa bangga jika melihat perkembangan sang buah hati selalu mengalami peningkatan dari hari ke hari. Disinilah peran ayah dan bunda untuk membantu mengembangkan tingkat kecerdasan anak anda. Anda harus ingat bahwa hal tersebut sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan pola asuh yang diterima oleh si kecil. Jadi, siapa lagi  yang paling bisa menerapkan cara membuat si kecil cerdas kalau bukan ayah dan bunda? Nah di bawah ini ada tips yang bisa anda terapkan untuk mencerdaskan anak sembari bermain. Yuk kita lihat sama-sama tipsnya:

  1. Bermain puzzle atau menyusun potongan gambar

Permainan puzzle atau menyusun gambar adalah salah satu permainan yang sangat populer untuk anak-anak berbagai usia. Untuk si kecil maka ayah bunda bisa memilihkan katagori puzzle yang tidak terlalu sulit, misalnya yang memiliki di bawwah 10 keping. Nanti jika anak sudah merasa mampu, maka ayah dan bunda dapat memilihkan puzzle yang tingkat kesulitannya semakin tinggi lagi. Tentu hal itu dapat menstimulasi otak si kecil karena membuatnya merasa tertantang untuk menyelesaikan potongan puzzle menjadi satu kesatuan gambar. Selain itu, bermain puzzle dapat berguna untuk melatih kemampuan anak dalam hal koknitif, penyelesaian masalah, dan perkembangan motorik si kecil.

Kegiatan bermain puzzle ini juga dapat menumbuhkan rasa percaya diri ketika ia berhasil menyelesaikan gambar. Untuk lebih menarik perhatian si kecil, maka ayah dan bunda bisa memilihkan puzzle dengan warna dan gambar yang menarik, misalnya kartun yang disenangi selama ini. Dengan begitu anak akan semakin semangat untuk bermain.

  1. Bacakan buku cerita

Salah satu tips yang bisa mencerdaskan anak adalah dengan membaca. Nah ayah dan bunda bisa membacakan si kecil beragam buku cerita. Dengan anda membacakan buku selama 10-15 menit dalam sehari dapat menumbuhkan minat membaca si kecil. Selain itu ia juga akan menyerap pengetahuan dari buku dengan cara mendengarkan saat anda membacakannya. Disela-sela maka anda pun bisa sedikit-sedikit mengajarkannya cara membaca yang benar sejak dini. Kebiasaan tersebut dapat membuat ia  belajar meningkatkan kemampuan dalam berkomunikasi seperti membaca, mendengarkan, dan juga berbicara. Maka dari itulah, mulailah dari buku yang sederhana seperti buku cerita yang ada gambarnya yang menarik. Biasanya buku yang digunakan tahap awal adalah buku yang memiliki sedikit kata, tetapi sangat penting untuk membangun kosakata bagi si kecil. Misalnya, buku pengenalan nama-nama binatang, nama-nama sayuran, atau nama buah-buahan. Lalu untuk selanjutnya ayah dan bunda bisa membacakan buku yang memiliki cerita sederhana, seperti cerita binatang, atau bisa juga pengetahuan umum untuk anak.

  1. Buatlah album foto keluarga yang diabadikan

Ketika si kecil sudah tumbuh besar maka ajaklah untuk menyusun foto keluarga dalam sebuah album. Selain untuk mengenalkan anggota keluarganya, ia pun dapat menggunakan imajinasinya untuk membuat kreasi dengan foto keluarga. Ayah dan ibu cukup memandu ia ketika ia memilih dan menempelkan foto-foto, sambil mengajaknya bercerita tentang foto yang telah ia pilih. Metode tersebut dapat membantu ia untuk memiliki kemampuan dalam berkomunikasi.

Demikianlah pembahasan tentang tips mencerdaskan anak dengan permainan. Semoga dapat bermanfaat.

Comments

comments